Biar Sah, Puluhan Pasangan Siri di Bogor Diberi Surat Nikah

Sebanyak 30 pasang suami istri yang menikah secara siri kembali dinikahkan kembali agar tercatat secara hukum Negara.

Biar Sah, Puluhan Pasangan Siri di Bogor Diberi Surat Nikah
TribunnewsBogor/istimewa
Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman bersama pasangan yang sudah mendapatkan buku nikah, Jumat (9/10/2015) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Soewidia Henaldi

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN - Sebanyak 30 pasang suami istri yang menikah secara siri kembali dinikahkan kembali agar tercatat secara hukum Negara.

Puluhan pasangan suami itu berasal dari Kelurahan Muara Sari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, mengikuti sidang itsbat nikah terpadu di Aula Kecamatan Bogor Selatan, Jum'at (9/10/2015).

Sidang itsbat ini diperuntukan bagi pasangan suami istri yang pernikahannya sah secara hukum agama namun belum tercatat secara hukum negara.

Ke-30 pasangan suami istri menjalani sidang itsbat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Acara sidang disaksikan langsung Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman.

"Dengan menjalankan sidang itsbat, pasangan yang belum tercatat akan memiliki legalitas yang sah," kata Usmar Hariman.

Dengan dicatat secara sah katanya, konsekuensi logis akan memberikan kemudahan bagi putra-putri yang bersangkutan dalam memperoleh pendidikan, karena salah satu syarat masuk sekolah harus memiliki akte kelahiran," katanya.

Usmar menyebut pelaksanaan sidang itsbat ini terselenggara berkat adanya sinergitas dan kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Kementerian Agama melalui Kandepag Kota Bogor.

Sebelumnya, pada tahun 2014 Pemerintah Kota Bogor bersama Kandepag Kota Bogor telah melaksanakan sidang serupa di Kecamatan Bogor Utara.

Camat Bogor Selatan,Usman TZ mengapresiasi sidang itsbat ini. "Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan, sehingga pasangan menikah yang telah tercatat dapat diminimalisir," kata Usman.

Keterbatasan kemampuan dalam hal finansial, kata Usman menjadi salah satu penyebab banyaknya pasangan yang menjalankan pernikahan tanpa mendaftarkan pada Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kota Bogor.

Diakhir acara, Usmar secara simbolis menyerahkan buku nikah dan akte kelahiran bagi pasangan yang menjalani sidang itsbat.

Begitu mendapat buku nikah, pasangan suami istri itu langsung mengucap "Alhamdulilah..".(*)

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved