TribunBogor/
Home »

Metro

Kepala KRB : Pembagian Bibit untuk Mencegah Longsor di Sekitar Ciliwung

Panjang DAS Ciliwung sekitar 117 km yang melewati Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Provinsi DKI Jakarta

Kepala KRB : Pembagian Bibit untuk Mencegah Longsor di Sekitar Ciliwung
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Kepala PKT Kebun Raya Bogor, Didik Widyatmoko 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyumbangkan 10 ribu bibit tanaman langka dan berpotensi kepada sejumlah kelompok tani di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Sabtu (26/11/2016).

Pembagian bibit dilakukan di Lapangan Griya Anggrek, PKT Kebun Raya LIPI, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widiyatmoko mengatakan, pihaknya mengutamakan pemberian bibit kepada kelompok tani di Kawasan DAS Ciliwung .

Hal itu dilakukan sebagai upaya menurunkan angka degradasi lahan-lahan kritis.

"Iya kita pilih kelompok tani yang berada di dekat DAS Ciliwung itu kan kita tahu bahwa potensi terjadinya bencana seperti longsor di pemukiman warga di sekitar sungai Ciliwung pasti ada, untuk itu kita berupaya menciptakan areal konservasi jenis tanaman berpotensi dan langka," ujar Didik kepada TribunnewsBogor.com.

DAS Cliwung DAS sendiri memiliki panjang sungai utama sekitar  117 km yang melewati Kabupaten Bogor,  Kota Bogor,  Kota Depok,  dan Provinsi DKI Jakarta dan terbagi atas tiga bagian yaitu, bagian hulu, bagian tengah, dan bagian hilir.

Bagian tengah DAS Ciliwung tersebut melintas di dalam kawasan Kebun Raya dengan kondisi selisih debit air yang berbeda jauh pada musim hujan dengan musim kemarau.

"Kalau dilihat dari kondisi DAS ini kan kita patut waspada,  kami semakin mengukuhkan peran Kebun Raya untuk berkontribusi dalam kegiatan penghijauan disekitar DAS Ciliwung," ucap Didik.

Sebanyak 4 ribu bibit tanaman langka pun dibagikan kepada kelompok tani di kawasan DAS Ciliwung, sementara 6 ribu lainnya dibagikan kepada masyarakat Kota Bogor dan pengunjung Kebun Raya Bogor (KRB).

"Kalau untuk kelompok tani ini kita prioritaskan yang buah-buahan, karena selain akarnya dapat menyerap air, tentu buahnya juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," katanya.(*)

-----------------

Ikuti Berita Terkini Bogor !

Like Fanpage @TribunnewsBogor.com

Follow Twitter@TRIBUNnewsBogor

Instagram@tribunbogor

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help