TribunBogor/

Jangan Berdandan Saat Berolahraga, Ini Penjelasannya

Anda memang tak bisa lepas dari make-up, karena itu merupakan salah satu kunci kepercayaan diri.

Jangan Berdandan Saat Berolahraga, Ini Penjelasannya
Pixabay.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Rutin berolahraga bisa membuat kulit tampak sehat dan segar.

Sayangnya, penggunaan make-up saat olahraga justru berefek sebaliknya bagi penampilan kulit wajah.

Mengikuti kelas gym usai jam kerja, ada kalanya Anda tak terpikir untuk membersihkan wajah dari make-up yang sudah menempel seharian.

Atau, Anda memang tak bisa lepas dari make-up, karena itu merupakan salah satu kunci kepercayaan diri.

Namun, apapun alasannya, spesialis kulit Dr. Sejal Shah dari Smarter Skin Dermatology mengatakan, ada baiknya untuk tidak mengenakan make-up selama berolahraga.

"Selama berolahraga, kulit akan membuka pori-pori untuk bernapas dan mengeluarkan minyak serta keringat. Bila wajah masih tertutup make-up, keringat akan bercampur dengan make-up, minyak, dan kotoran pada wajah Anda," jelas Shah.

"Itu berpotensi menyumbat pori-pori yang akhirnya dapat menyebabkan jerawat, kulit pun menjadi kusam," imbuhnya.

Shah menambahkan, walaupun make-up Anda terbuat dari bahan-bahan alami, sebaiknya hapus make-up yang menutupi kulit wajah, seperti concealer dan maskara, sebelum olahraga di gym, apalagi bila Anda berolahraga di luar ruangan.

"Mungkin beberapa kali tak menghapus make-up tidak masalah bagi kulit, tapi dampaknya akan Anda rasakan beberapa minggu kemudian bila olahraga dengan make-up menjadi rutinitas. Tak hanya berjerawat, kulit bisa berubah menjadi sangat sensitif, sehingga bisa jadi wajah Anda akan lebih mudah gatal dan iritasi saat mengenakan make-up."

Namun, bila menghapus make-up membuat Anda kurang percaya diri, Shah merekomendasikan untuk mengenakan pelembab wajah ringan bebas minyak untuk menghindari kulit kering.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help