Home »

Metro

Anggrek Iriana Jokowi Bakal Diperbanyak, Seperti Ini Prosesnya

Saat ini para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mencoba memperbanyak tanaman anggrek Iriana Jokowi.

Anggrek Iriana Jokowi Bakal Diperbanyak, Seperti Ini Prosesnya
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Anggrek Iriana Jokowi akan diperbanyak oleh peneliti LIPI 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohama Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Masih ingat dengan Anggrek Dendrobium Iriana Jokowi? Bunga angrek hasil persilangan antara Dendrobium Christabella dan Dendrobium Haldis Morterud ini merupakan bunga yang diberikan pemerintah Singapura kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Singapura memilih nama Dendrobium Iriana Jokowi sebagai alat persahabatan antara Singapura dan Indonesia, bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Jokowi ke negeri singa itu beberapa waktu lalu.

Anggrek Iriana Jokowi ini kemudian dititipkan di Rumah Kaca Kebun Raya Bogor (KRB), Kota Bogor satu tahun yang lalu, tepatnya 30 Juli 2015.

Saat ini para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mencoba memperbanyak tanaman anggrek Iriana Jokowi.

Pengawas Rumah Kaca LIPI, Yuniar mengatakan, anggrek Iriana Jokowi yang datang setahun yang lalu itu telah dikawinkan dan melewati proses penyemaian bibit anggrek.

"Tahun lalu itu ketika bunganya mekar, kita kawinkan, kemudian anggrek tersebut akan berbuah, dari buah tersebut terdapat ribuan biji atau bibit anggrek, yang kemudian bibit tersebut disemai," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (9/12/2016).

Setelah disemai, lanjut Yuniar, bibit anggrek itu selanjutnya dimasukkan ke dalam botol kecil untuk dilakukan proses peremajaan anggrek.

Anggrek Iriana Jokowi
Anggrek Iriana Jokowi

"Dari ribuan bibit itu yang tersisa paling ratusan saja karena melewati seleksi alam, setelah dimasukkan ke dalam botol, tinggal ditunggu saja kalau sudah tumbuh setinggi 8 cm, nanti anggrek tersebut akan dipindahkan ke media pot," katanya.

Sementara itu, Yuniar menjelaskan saat ini bibit-bibit anggrek Iriana Jokowi yang disimpan di dalam botol itu masih belum bisa dipindahkan ke media pot.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help