TribunBogor/

Rentan Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Komunitas Vape Jalani Tes Urin

langkah ini sebagai bentuk upaya pencegahan penyalahgunaan cairan atau liquid yang biasa digunakan untuk vaping

Rentan Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Komunitas Vape Jalani Tes Urin
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
anggota komunitas vape dites urin 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Badan Narkotika Nasional Kabupten (BNNK) Bogor melakukan tes urine kepada puluhan pengguna vape, Sabtu (1/3/2017).

Pemeriksaan tersebut merupakan edukasi kepada pengguna vape dengan kerjasama antara komunitas vape, Bogor Vape Exchange (Bovex) dengan BNNK Bogor.

Kepala Seksi Pemeriksaan di BNNK Bogor, Kompol Supeno mengatakan edukasi pada acara Bogor Vape Exchange agar pengguna vape waspada dan berhati-hati saat membeli liquid.

"BNN beberapa hari lalu mendapatkan liquid dari USA yang dipromosikan sebagai obat, Ada yang membeli, kemudian diperiksa oleh bea cukai, tapi setelah dites ternyata obat dimaksud mengandung zat THC narkoba golongan satu (ganja),"ujarnya.

Kegiatan Bovex yan berlangsung selama dua hari hingga minggu besok itu diasakan di Casaloma Resto & Lounge di Jalan Ceremai Ujung, Kota Bogor.

Dari 25 pengguna vape yang melakukan tes urine semuanya negatif menggunakan narkoba.

"Kita beri apresiasi bahwa disini dari hasil pemeriksaan ter urine semua yang mengikuti tes urin bebas dari narkoba," ucapnya.

Supeno menambahkan bahwa langkah itu sebagai bentuk upaya pencegahan penyalahgunaan cairan atau liquid yang biasa digunakan untuk vaping (aktivitas menghisap vape).

Ia juga berpesan dan menghimbau kepada pengusaha vape, untuk selalu waspada kerena tidak menutup kemungkinan usaha ini dimanfaatkan penjahat untuk memasukan narkoba dalam liquid.

Bogor Vape Exchange
Bogor Vape Exchange (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Saat ditanya mengenai keamanan dari setiap liquid yang dijual dipasaran Supeno mengatakan bahwa perlu ada koordinasi dengan instansi terkait dari pemerintah daerah termasuk peran dari BPOM.

"BNN disini tetap pada komitmen berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba,"ujarnya.

Sementara itu ketua panitia Bovex, Lucky mengatakan bahwa acara tersebut diisi dengan edukasi vape kerja sama dengan BNNK Bogor untuk melakukan uji terhadap produk liquid dan tes urine para penikmat vape

"Kami (komunitas vape Bogor) juga bergerak mensosialisasikan hal-hal bertentangan dengan vape seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya. Termasuk penggunaan vape untuk tidak sembarangan, misalnya di tempat umum itu menggunakan alat lebih kecil agar asap tidak terlalu banyak,"jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman sebagai pembuka acara.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help