Home »

Metro

Bioskop Presiden Tak Terawat, Pemkot Bogor Ingin Ambil Alih Tapi Tak Ada Anggaran

keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mengambil alih bangunan tersebut memang ada, hanya saja terpentok pada masalah anggarannnya.

Bioskop Presiden Tak Terawat, Pemkot Bogor Ingin Ambil Alih Tapi Tak Ada Anggaran
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Presiden Teater 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menyayangkan atas kondisi bangunan bioskop tertua di Kota Bogor, Presiden Teater.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Syahlan Rasyidi menuturkan, bahwa bangunan bioskop yang tergolong dalam bangunan bersejarah atau heritage ini seharusnya bisa lebih terlihat bersih dan tertata.

Seperti diketahui, bahwa bangunan yang terletak di ujung Jalan Mawar, Kota Bogor kini hanya dibiarkan menjadi tempat mengais rezeki para pedagang kaki lima (PKL).

"Bangunan itu punya perseorangan, seharusnya bisa lebih dijaga dan dipelihara," jelas Syahlan saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mengambil alih bangunan tersebut memang ada, hanya saja terpentok pada masalah anggarannnya.

"Kalau mau dibeli pemerintah bisa saja, tapi harus siap mengeluarkan anggaran yang besar," jelasnya.

Saat ini dirinya pun hanya bisa berharap kepada pemilik bangunan yang telah ada sejak zaman Belanda itu untuk dipertahankan keaslian bangunannya.

"Ya harus dijaga bersama juga, karena di dalam Undang-undang Cagar Budaya bangunan bersejarah baik milik perorangan maupun pemerintah harus dipertahakan dan terus dipelihara," pungkasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help