TribunBogor/
Home »

News

» Jakarta

Anies Janjikan Kursi Khusus untuk Komisioner KPU DKI Saat Pelantikan

Adapun Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dinyatakan sebagai pasangan terpilih.

Anies Janjikan Kursi Khusus untuk Komisioner KPU DKI Saat Pelantikan
Kompas.com
Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara penetapan calon kepala daerah terpilih di kantor KPU DKI Jakarta, Jumat (5/5/2017) siang. Anies hadir didampingi sang istri, Ferry Farhati.(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan berjanji akan menyediakan kursi khusus untuk komisionerKPU DKI Jakarta dalam acara pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, pada Oktober 2017.

Adapun Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dinyatakan sebagai pasangan terpilih.

"Tadi disampaikan, biasanya KPU diingat masa pilkada, dilupakan setelah pilkada. Insya Allah enggak dilupakan Pak, kami pastikan saat pelantikan, beliau-beliau (komisioner KPU DKI) ada kursinya di depan," kata Anies saat memberi sambutan dalam rapat pleno penetapan gubernur-wakil gubernur DKI terpilih di kantor KPU DKI Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Komisioner KPU DKI yang hadir dalam acara penetapan pasangan terpilih adalah Ketua KPU DKI Sumarno, Dahliah Umar, Betty Epsilon Idroos, dan Moch Sidik.

Saat menyampaikan sambutan, Sumarno menceritakan pengalamannya sebagai komisioner KPU DKI yang lebih diingat hanya saat pilkada dan dilupakan setelahnya.

Adapun pelantikan kepala daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Dalam Pasal 163 diatur bahwa gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota negara. Jika Presiden berhalangan, pelantikan dilakukan oleh Wakil Presiden.

Namun, jika Wakil Presiden berhalangan, pelantikan dilakukan oleh menteri.

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help