TribunBogor/

Begini Kondisi Hakim yang Akan Bacakan Vonis Ahok Besok

kini giliran majelis hakim yang menentukan sikapnya besok memutuskan vonis terhadap Ahok.

Begini Kondisi Hakim yang Akan Bacakan Vonis Ahok Besok
Tribunnews.com
AHOK BACAKAN PLEDOI : Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membacakan nota pembelaan (pledoi) pada sidang kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian (Kementan) Ragunan, Selasa (25/4). Ahok yang dituntut karena menghina ulama dan dikenakan ancaman pidana 1 tahun dengan 2 tahun masa percobaan membacakan sendiri pledoinya. Mengaku tidak punya niat menghina golongan dan menista agama. TRIBUNNEWS.COM/MI/RAMDANI/POOL 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), memasuki babak akhir.

Baik jaksa penuntut umum maupun penasihat hukum terdakwa telah diberikan kesempatan di persidangan menjelaskan kasus yang menyita perhatian publik ini.

Nah kini giliran majelis hakim yang menentukan sikapnya besok memutuskan vonis terhadap Ahok.

Hasoloan Sianturi, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan, majelis hakim sudah menetapkan vonis dan siap membacakan putusan perkara yang menyeret Gubernur DKI Jakarta tersebut, esok hari.

"Besok siap dibacakan putusan oleh majelis hakim. Tentunya vonis ditetapkan melalui musyawarah para majelis hakim yang menangani perkara. Sekarang giliran hakim yang bersikap terhadap tuntutan pidana dari jaksa, maupun terhadap pleidoi permintaan dari terdakwa," ucap Hasoloan saat dikonfirmasi Warta Kota, Senin (8/5/2017).

Menanggapi keamanan para majelis hakim saat atau sesudah membacakan putusan, Hasoloan mengatakan pihak PN Jakut mempercayakan hal tersebut kepada pihak kepolisian, dalam hal ini Polres Metro Jakarta Selatan, yang menjadi tempat digelarnya sidang perkara di Kementerian Pertanian.

Hasoloan menambahkan, kondisi majelis hakim yang menangani perkara, termasuk hakim ketua yakni Dwiarso Budi Santiarto dalam kondisi sehat.

Tak ada ancaman atau intimidasi yang mereka rasakan sebelum vonis dibacakan esok hari.

"Beliau (Hakim Dwiarso) sehat-sehat saja. Barusan kami bertemu. Beliau masih bekerja seperti biasa di kantor dan tak bercerita mendapatkan ancaman atau intimidasi sebelum putusan dibacakan esok hari. Hakim-hakim anggota juga bekerja seperti biasa," ungkapnya.

Ia belum bisa memastikan mengenai lamanya durasi sidang besok, lantaran berkas putusan masih dipegang oleh majelis hakim.

Sedangkan persidangan akan dimulai pukul 09.00, bertempat di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. (*)

Penulis: Rangga Baskoro

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help