200 Tahun KRB, LIPI Luncurkan 34 Seri Prangko Bergambar Bunga Anggrek

Prangko bergambar bunga angrek akan diluncurkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT)

200 Tahun KRB, LIPI Luncurkan 34 Seri Prangko Bergambar Bunga Anggrek
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Seri 34 gambar anggrek seri prangko yang akan diluncurkan LIPI 18 Mei mendatang. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Bagi pecinta bunga Anggrek, kini Anda akan memiliki koleksi bunga tersebut dalam bentuk prangko.

Rencananya, sebanyak 34 jenis anggrek dari seluruh Indonesia akan dibuat dalam bentuk prangko.

Prangko bergambar bunga angrek akan diluncurkan oleh Lembaga  Ilmu Pengetahuan (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) atau yang dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bogor (KRB).

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko mengatakan,  rencananya peluncuran prangko akan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei jelang perayaan puncak 200 tahun atau dua abad KRB.

Pada usia yang menjelang dua abad, kata Didik KRB terus menunjukkan kiprahnya sebagai lembaga konservasi flora Indonesia dari ancaman kepunahan.

"Ya satu diantaranya adalah menjaga flora dari ancaman kepunahan seperti pada spesies anggrek," katanya saat Konfersi Pers Jumat (12/5/2017) di Gedung Lembaga  Ilmu Pengetahuan (LIPI) Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya.

Selain itu Didik menjelaskan bahwa KRB memiliki rumah dan laboratorium anggrek dengan koleksi terlengkap di Indonesia, ada sekitar 500 spesies dari total 5.000 spesies anggrek kawasan Malesia di Kebun Raya Bogor.

"Status konservasi beragam anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor sebagian besar merupakan jenis yang langka atau terancam kepunahan dalam kategori IUCN Red Data Book," ujarnya.

Menurutnya berbagai jenis anggrek tersebut ditemukan dari hutan-hutan alam di Indonesia dimana sekarang hutan juga terancam keberadaannya.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved