Hasil Survei SMRC Simpatisan PKS dan PPP Setuju Perjuangan HTI

HTI bercita-cita mewujudkan Indonesia sebagai bagian dari Khilafah Islamiyah

Hasil Survei SMRC Simpatisan PKS dan PPP Setuju Perjuangan HTI
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Seorang anak berunjuk rasa bersama orang tuanya yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Makassar melakukan aksi solidaritas di Tol Reformasi, Makassar, Jumat (11/7). Mereka mengecam serangan tentara Israel terhadap warga sipil di Palestina yang mengakibatkan banyak jatuh korban jiwa. (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei nasional terkait Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Negara Islam Irak dan Syria (ISIS).

Salah satu yang diukur adalah awareness (kesadaran) dan sikap atas cita-cita perjuangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), menurut pilihan partai politik.

Hasilnya banyak pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lebih berhubungan dengan cita-cita perjuangan HTI.

HTI merupakan organisasi yang menyuarakan konsep khilafah di Indonesia.

HTI bercita-cita mewujudkan Indonesia sebagai bagian dari Khilafah Islamiyah, yakni suatu bentuk pemerintahan yang terdiri dari negara Islam dan tergabung dalam satu kepemimpinan.

Kemudian menggunakan sistem hukum Islam sebagai landasan bernegara.

"‎Sikap positif mendukung HTI jika dilihat dari partai, lebih banyak ditemukan pada pendukung PKS dan PPP dibanding pada pendukung partai-partai lain," kata Saiful Mujani saat memaparkan hasil survei di kantor SMRC, Jakarta Pusat, Minggu (4/6/2017).

Menurut Saiful, sebanyak 34,3 persen responden ‎yang memberikan dukungan terhadap PKS, setuju dengan perjuangan HTI.

"Setelah (PKS) itu PPP yang jumlahnya 19,7 persen," katanya.

Dirinya menjelaskan, pendukung PKS dan PPP‎ banyak yang setuju dengan perjuangan HTI, karena didasarkan latar belakang kedua partai itu.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved