TribunBogor/

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Car Seat untuk Anak

Secara umum berat maksimal bobot anak menggunakan car seatadalah 36 kilogram. Kelompok car seat dibedakan dari berat badan.

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Car Seat untuk Anak
KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA
Car seat atau kursi khusus anak di mobil. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mengingat fungsinya yang penting sebagai pelindung anak saat berada di dalam mobil, memilih car seat tidak bisa sembarangan. Jangan hanya membeli car seat hanya karena modelnya atau harganya murah.

Dijelaskan oleh Executive trainer Mothercare Dewi Nopiyanti, banyak orangtua yang memilih car seat atau kursi khusus anak di mobil berdasarkan patokan usia anak.

"Yang paling tepat adalah sesuai ukuran berat badan anak. Jadi, sebelum memilih car seat, orangtua harus tahu dulu berat badan anaknya," katanya.

Secara umum berat maksimal bobot anak menggunakan car seat adalah 36 kilogram. Kelompok car seat dibedakan dari berat badan.

- Untuk grup 0- dipakai anak dengam berat maksimal 10 kilogram atau usia anak enam bulan.

- Kemudian grup 0+ untuk anak yang memiliki berat badan 3,5 kilogram sampai 13 kilogram.

- Grup 0-1 untuk anak dengan berat 3,5 kilogram - 18 kilogram atau kurang lebiih umur empat tahun.

- Grup 1 dari berat 9 kilogram sampai 18 kilogram.

- Grup 1-2-3 dari 9 kilogram - 36 kilogram.

- Grup 2-3 dari 15 kilogram sampai 36 kilogram.

Selain itu, orangtua perlu memperhatikan fitur umum seperti side impact protector, pelindung samping bagi anak saat kecelakaan.

Car seat idealnya juga harus memiliki lima poin harness atau tiga poin harness. "Lima poin harness itu melindungi dua bahu kanan-kiri, dua pinggang kanan-kiri dan bagian di antara kaki atau disebut buckle," kata Dewi.

Ia mengingatkan bahwa car seat tidak memiliki air bag atau kantung udara. Oleh karena itu, bila ada tulisan air bag, itu mengartikan bahwa kursi ini tidak diperkenankan ditaruh di dekat jok yang ada air bag. Sebab, bila terjadi kecelakaan atau benturan, air bag akan langsung mengarah ke anak yang ada di car seat dan berakibat fatal.

Selain itu, orangtua harus mempertimbangkan bahan dari car seat. Pilih bahan yang tidak panas untuk anak. Salah satu bahan yang direkomendasikan adalah poliester. "Anda tidak mau bukan anak kepanasan dan tidak nyaman karena bahan car seat yang jelek," kata Dewi.

(Berita ini sudah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli "Car Seat" untuk Anak)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help