Syiar Ramadhan di Pondok Pesantren

Dirikan Pesantren Sejak 1918, Ini Sejarah Abuya Cilember Dalam Syiar Agama Islam

Terlebih pesantren tersebut didirikan oleh Abuya Cilember setelah ia pertama kali mendirikan pesantren di Puncak Bogor sejak tahun 1918.

Dirikan Pesantren Sejak 1918, Ini Sejarah Abuya Cilember Dalam Syiar Agama Islam
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Pesantren Darul Huda atau dikenal dengan Pesantren Abuya Cilember 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Pesantren Darul Huda atau dikenal dengan Pesantren Abuya Cilember ternyata masih dipercaya dan dikenal oleh banyak orang sampai sekarang.

Terlebih pesantren tersebut didirikan oleh Abuya Cilember setelah ia pertama kali mendirikan pesantren di Puncak Bogor sejak tahun 1918.

Abuya Cilember ini bernama asli Abuya KH.Hasan Mustofa yang kebetulan merupakan warga asli Cilember, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Menurut sang putra, KH.Rahmatullah (62), Abuya mulai mendirikan pesantren pada tahun 1918 di daerah Kopo, Cisarua.

Kemudian munculah permintaan dari dua santrinya dari Cilember yakni H.Sidiq dan H.Mansur agar Abuya pindah ke Cilember karena pengetahuan agama di masyarakat Cilember dan sekitarnya saat itu dinilai masih kurang.

Hingga saat itulah pada tahun 1925, Abuya KH.Hasan Mustofa mendirikan pesantren di Cilember.

"Tahun 1925, Abuya di panggil oleh muridnya yang suka mengaji, H.Sidiq dan H.Mansur. Udahlah Abuya dilanjutin di sini karena di sini gak ada kyai, " ujar KH.Rahmatulloh ketika ditemui TribunnewsBogor.com di Pesantren Darul Huda, Cilember.

Tidak hanya itu, KH.Rahmatullah juga menjelaskan bahwa santri Abuya tersebut saat itu juga membantu bahkan memberikan tanahnya untuk mendirikan mesjid di sekitar pesantren.

KH.Rahmatullah juga menceritakan bahwa sebelum mendirikan pesantren di Puncak, Abuya sendiri sempat menjadi santri cukup lama bahkan pesantren tempatnya belajar pun cukup banyak.

Pimpinan Pesantren Darul Huda Cilember, KH.Rahmatullah
Pimpinan Pesantren Darul Huda Cilember, KH.Rahmatullah (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)
Halaman
12
Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved