TribunBogor/
Home »

Metro

Ciptakan Batu Ina, Mahasiswa Ini Juara Lomba Nasional Kontribusi dan Inovasi Pemuda

Batu Ina ini merupakan alternatif Pangan Olahan yang Sehat, Lezat, dan Bergizi untuk Mendukung Program gemar makan ikan

Ciptakan Batu Ina, Mahasiswa Ini Juara Lomba Nasional Kontribusi dan Inovasi Pemuda
Humas IPB
Mahasiswa IPB menyabet juara dalam lomba essay Nasional. 

TRIBUNNNEWSBOGOR.COM - Mahasiswa Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Adi Poernomo dan Nur Maezulpah meraih juara II dalam Lomba Essay Nasional (LEON) yang digelar Badan Riset Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya belum lama ini.

Lomba tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa Indonesia.

Lomba yang bertema "Kontribusi dan Inovasi Pemuda dalam Pembangunan Bangsa untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045"  ini terbagi dalam 4 subtema pilihan yaitu sosial budaya, pendidikan, ekonomi, dan hukum. 

Judul essay yang diajukan  tim IPB adalah "Bakso Tusuk Tulang Ikan Tuna" atau disingkat Batu Ina.

Batu Ina ini merupakan alternatif Pangan Olahan yang Sehat, Lezat, dan Bergizi untuk Mendukung Program gemar makan ikan .

"Meskipun judul kami terkait dengan Pangan, akan tetapi kami mengambil subtema ekonomi, karena kami kaitkan dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran tersebut merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Bauran pemasaran tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok besar yang disingkat 4P, yaitu Product (produk), Price  (harga), Place (tempat), dan Promotion (Promosi)," ujar  Adi.

Adi mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk mengikuti lomba tersebut adalah dengan melakukan koordinasi dengan dosen pembimbing dan teman yang telah memiliki pengalaman dalam mengikuti kejuaraan lomba menulis essay.

Selain itu, dia juga memiliki motivasi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalamannya, membangun jaringan teman, meningkatkan kepercayaan diri. 

"Harapan kami dengan adanya inovasi olahan pangan yang berbahan dasar ikan, dapat juga mendukung program pemerintah yaitu GEMARI (Gemar Makan Ikan). Kami juga membidik anak usia sekolah dasar dalam hal ini, karena usia mereka di tahun 2045 adalah usia produktif untuk berkiprah memajukan di negeri ini," katanya.

Ia sangat bersyukur, merasa senang dan bangga membawa nama IPB. Mungkin ini menjadi salah satu kontribusi yang dapat ia berikan untuk IPB melalui prestasi lomba.

Ke depannya, tidak hanya lomba di kancah nasional ia berharap  juga di tingkat internasional.(*)

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help