TribunBogor/
Home »

Metro

Pemkot Bogor Siapkan Puluhan Liang Lahat Untuk Korban Kecelakaan Saat Masa Lebaran

Penggalian liang lahat tersebut dilakukan oleh unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Pemakaman.

Pemkot Bogor Siapkan Puluhan Liang Lahat Untuk Korban Kecelakaan Saat Masa Lebaran
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pemakaman Blender, Kawasan Kebon Pedes, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemerintah Kota bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor membuat 40 liang lahat yang tersebar di delapan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Bogor.

Penggalian liang lahat tersebut dilakukan oleh unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Pemakaman.

Kepala UPTD Pemakaman, Toto Guntoro mengatakan Kedelapan TPU tersebut, adalah TPU Kayumanis, TPU Blender, TPU Dreded, TPU Cimahpar, TPU Mulyaharja, TPU Situ Gede, TPU Cipaku, dan TPU Gunung Gadung.

"Jadi masing-masing TPU disiapkan 5 liang lahat, pembuatan liang lahat sendiri mulai dikerjakan lima hari sebelum lebaran, nanti ada 10 petugas siaga selama 24 jam di masing-masing TPU," katanya.

Toto menambahkan, liang lahat disiapkan mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan seperti korban meninggal kecelakaan lalu lintas saat mudik, atau warga yang meninggal saat lebaran dan korban meninggal lainnya.

"Persiapan liang lahat juga dibutuhkan untuk mengantisipasi minimnya petugas atau penggali kubur yang libur lebaran, Tapi dari liang lahat yang disiapkan, melihat tahun-tahun lalu yang terpakai itu tidak banyak," ucapnya.

Toto mencontohkan seperti tahun lalu dari 40 liang lahat yang disediakan hanya dua yang terpakai.

Menurutnya dari delapan TPU tersebut lahan makam di Kota Bogor masih tersedia cukup luas yakni 20 hektar, tapi, khusus TPU Dreded dan Blender hampir terisi semua karena tingginya jumlah permintaan pemakaman di kedua lokasi tersebut.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help