TribunBogor/

Jangan Pelihara Sikap Pesimis !

Alhasil, ketika sekelilingnya memiliki kondisi negatif, maka manusia bisa terbawa arus kurang baik tersebut.

Jangan Pelihara Sikap Pesimis !
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Tidak percaya diri, demotivasi, dan malas merupakan karakter umum sifat pesimis dalam diri manusia.

Tak bisa dimungkiri bahwa memang ketika tertimpa ujian, musibah, dan cobaan, acap kali seseorang merasa kecewa sehingga putus asa.

Namun, hati-hati. Jangan terbuai dengan sikap pesimis yang masuk dalam kategori sifat negatif manusia.

Pasalnya, banyak pakar yang mengatakan, kehadiran suasana hati yang terus bersedih secara konstan bisa menimbulkan masalah pada kesehatan.

Sebenarnya, mengapa manusia lebih mudah berpikir negatif?

Menurut Emma Seppala, Ph.D., Science Director di Stanford University’s Centre, divisi Compassion and Altruism Research and Education, pada dasarnya manusia merupakan mahkluk yang lemah dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Alhasil, ketika sekelilingnya memiliki kondisi negatif, maka manusia bisa terbawa arus kurang baik tersebut.

“Pengalaman hidup dan dukungan moral menjadi penentu apakah sifat negatif pada diri seseorang mudah aktif atau tidak. Jadi, apabila seseorang memiliki support system yang positif, maka kecenderungannya saat tertimpa musibah, dia tidak lama larut dalam kesedihan dan sebagainya,” urai Seppala, seperti dilansir dari Glamour Magazine terbitan Amerika Serikat bulan Mei 2017 lalu.

Dia menambahkan, persepektif manusia terhadap sebuah isu mudah sekali bias karena sifat-sifat mudah dipengaruhi.

Lalu, dia pun menyarankan, kala mengalami sebuah kekecewaan atau masalah, maka lebih baik mencari dukungan dari orang-orang yang Anda tahu tidak akan membuat diri Anda menjadi lebih negatif.

“Cari dukungan yang tepat. Anda juga bisa menyendiri untuk intropeksi dan menjernihkan pikiran. Anda lebih kuat dari sebuah kondisi yang tidak menguntungkan diri Anda,” pungkasnya.

(Berita ini sudah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Bahaya Pelihara Sikap Pesimis)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help