TribunBogor/
Home »

Metro

Mahasiswa IPB Luncurkan Mateholic Program untuk Genjot Keuntungan UMKM

Konsep pelaksanaan Mateholic Program digambarkan sebagai wadah yang menampung segala bentuk permasalahan dari UMKM

Mahasiswa IPB Luncurkan Mateholic Program untuk Genjot Keuntungan UMKM
Pixabay
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Berawal dari kepedulian terhadap pelaku usaha kecil dan menengah yang berada di daerah asalnya, Batang Jawa Tengah, Ana Fitritunnisa mahasiswa Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat sebuah gagasan yang cemerlang untuk mengoptimalkan keuntungan produksi usaha melalui "Mateholic Program".

Usulan ide tentang Mateholic Program ini ia usulkan dalam ajang lomba essay tingkat nasional yang diadakan oleh Departemen Matematika Universitas Lampung beberapa waktu lalu.

Ana berhasil masuk finalis 20 besar dan sukses menjadi juara 2 dalam perlombaan tersebut dengan pesaing yang berasal dari beberapa perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia.

"Mateholic Program merupakan sebuah program dalam rangka membantu UMKM mencapai efektivitas produksi ataupun pemasaran melalui aplikasi dari Pemrograman Linear," ujarnya dalam siaran pers Humas IPB yang diterima TribunnewsBogor.com.

Program ini akan melibatkan seluruh mahasiswa matematika di seluruh Indonesia.

Konsep pelaksanaan Mateholic Program digambarkan sebagai wadah yang menampung segala bentuk permasalahan dari UMKM yang ada di Indonesia melalui website yang disediakan Mateholic Program.

Data permasalahan yang sudah tersimpan akan diselesaikan oleh tim Mateholic, kemudian perusahaan akan menerima hasil dari data yang telah diolah. 

"Program ini tentunya membutuhkan sinergi dari berbagai disiplin ilmu yang ada di IPB khususnya dan tidak menutup kemungkinan bisa mengajak seluruh akademisi matematika dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia," ujarr Ana.

Masing-masing Mateholic katanya, akan menyelesaikan permasalahan dari UMKM terdekat.(*)

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help