TribunBogor/
Home »

Metro

Guru Besar IPB Ciptakan Wafer dan Biskuit Untuk Pakan Ternak Di Lokasi Bencana

Wafer pakan merupakan penyajian bernutrisi tinggi dengan teknik pembuatan menggunakan panas dan tekanan tinggi pada bahan pakan segar.

Guru Besar IPB Ciptakan Wafer dan Biskuit Untuk Pakan Ternak Di Lokasi Bencana
Istimewa
Guru Besar dari Fakultas Peternakan IPB, Prof Dr Ir Yuli Retnani, M.Sc ciptakan wafer dan biskuit untuk pakan ternak. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Guru Besar dari Fakultas Peternakan IPB, Prof Dr Ir Yuli Retnani, M.Sc, merancang inovasi pakan bersih bagi ternak sejak 2009.

Baginya ternak berhak mendapatkan penanganan yang baik terutama dari segi pakan.

"Inovasi pakan bersih muncul dari pertanyaan apakah peternakan kita di masa depan menjadi peternakan yang bersih, sehat, dan juga produktivitas tinggi? Pertanyaan tersebut bagi sebagian orang dirasa sesuatu yang jauh dari kata mungkin, tetapi di tangan pakar peternakan IPB pertanyaan tersebut dijawab dengan inovasi," ujarnya.

Prof Yuli Retnani kemudian menggagas wafer dan biskuit pakan sebagai inovasi pengolahan pakan untuk meningkatkan produktivitas ternak di daerah perkotaan, rawan pakan, dan bencana.

Wafer pakan merupakan penyajian pakan bernutrisi tinggi dengan teknik pembuatan menggunakan panas dan tekanan tinggi pada bahan pakan segar.

Beberapa wafer hasil inovasi yang telah dihasilkan di antaranya wafer limbah sayuran, wafer daun lamtoro, wafer pucuk tebu, wafer daun kelor, dan wafer daun gamal.

Sementara itu biskuit pakan dibuat dengan prinsip yang sama seperti biskuit pangan, biskuit ini dibuat dari bahan serat terutama hijauan.

"Namun selain biskuit pakan terdapat juga biskuit biosuplemen pakan bagi ternak yang membutuhkan nutrisi khusus melalui pakannya," katanya.

Semua inovasi dilakukan dengan menggunakan limbah seperti sisa sayuran pasar dan pucuk tebu, atau bahan-bahan yang belum banyak dimanfaatkan seperti daun gamal, daun kelor, dan sebagainya.

Yuli Retnani melihat dari pemanfaatan bahan tersebut yang mengurangi limbah juga mampu memberi nutrisi yang dibutuhkan ternak pada daerah perkotaan, rawan pakan, dan bencana.

Halaman
12
Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help