TribunBogor/
Home »

Metro

IPB Bentuk Tim Reaksi Cepat Pengendalian Wereng Coklat di Subang

pemeriksaan tanaman menggunakan fasilitas mobil Klinik Tanaman dan tanya jawab tentang wereng coklat dan pengendaliannya.

IPB Bentuk Tim Reaksi Cepat Pengendalian Wereng Coklat di Subang
Istimewa
Rektor bersama tim reaksi cepat klinik tanaman IPB untuk pengendalian wereng coklat di Subang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Saat ini, wereng coklat telah merusak tanaman padi di Subang, Jawa Barat.

Kerusakan cukup parah tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Cipunegara, Compreng, dan Pagaden Barat.

Kerugian serangan wereng ini diperberat karena pada musim serangan ke-3 terjadi serangan virus kerdil hampa (Rice Ragged Stunt Virus), yang membuat tanaman menjadi kelihatan hijau (seolah sehat), werengnya sedikit, tapi anakan menjadi lebih banyak dan tidak menghasilkan malai.

Sebagai aksi tanggap cepat terhadap permasalahan tersebut, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Klinik Tanaman yang melayani pemeriksaan kesehatan tanaman di tempat dan diskusi pemecahan masalah.

Kegiatan Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian (Faperta) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, didukung oleh Himpunan Alumni (HA) IPB Subang, menggelar pelayanan Klinik Tanaman di Balai Desa Padamulya, Kecamatan Cipunegara,  Kabupaten Subang, Jumat (14/7/2017) lalu.

Acara ini diikuti oleh 300 orang petani dari berbagai kecamatan di Subang, puluhan petani dari Indramayu dan Purwakarta, anggota HA IPB Subang, Babinsa, Babinkamtibmas, jajaran Dinas Pertanian Subang, Wakil Ketua dan Ketua DPRD Subang.

Tim IPB terdiri dari enam dosen, yakni Prof Dr Aunu Rauf, Prof Dr Dadang, Prof Dr Sri Hendrastuti, Dr Ruly Anwar, Bonjok Istiaji, M.Si, Fahrizal M.Si dan Dr Suryo Wiyono.

Hadir pula satu teknisi dan dua orang mahasiswa.

Kegiatan dihadiri oleh Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto.

Acara dibuka dengan pemeriksaan tanaman menggunakan fasilitas mobil Klinik Tanaman dan tanya jawab tentang wereng coklat dan pengendaliannya.

Halaman
12
Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help