TribunBogor/
Home »

Bisnis

» Makro

Ini Kunci Sukses Ekspor Ternak Menurut Pakar Ekonomi Industri IPB

perusahaan-perusahaan perunggasan skala besar juga harus didorong untuk melakukan ekspor daging ayam ke wilayah Asia atau global.

Ini Kunci Sukses Ekspor Ternak Menurut Pakar Ekonomi Industri IPB
Humas IPB
Arief Daryanto, pakar ekonomi industri Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi pembicara dalam seminar nasional bertemakan Peningkatan Dayasaing industri Protein Hewani di Era Hiper-Competition 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Arief Daryanto, pakar ekonomi industri Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bahwa dalam era persaingan yang sangat tinggi dan mengglobal dibutuhkan pemikiran-pemikiran yang bersifat metanoia.

Yakni pemikiran-pemikiran yang baru yang sesuai dengan dinamika persaingan yang terjadi.

Hal ini disampaikan Arief saat menjadi pembicara dalam seminar nasional bertemakan "Peningkatan Dayasaing industri Protein Hewani di Era Hiper-Competition", Selasa (18/7/2017).

Seminar yang digelar dalam rangka menyambut pelaksanaan ILDEX 2017 (Indonesia Livestock Exhibition) yang akan digelar bulan Oktober mendatang.

"Dalam menghadapi era persaingan global yang sangat tinggi dan dinamik, para pelaku dan pengambil kebijakan harus mendorong industri protein hewani untuk selalu meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas, keamanan pangan, integrasi horizontal dan vertikal, nilai tambah dan branding di sepanjang rantai nilai industri," katanya dalam siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Lanjutnya, para pelaku dalam industri protein hewani khususnya perusahaan-perusahaan perunggasan skala besar juga harus didorong untuk melakukan ekspor daging ayam ke wilayah Asia atau global.

Pendekatan yang dilakukan harus bersifat holistik dan terintegrasi.

“Kunci keberhasilan ekspor adalah biaya produksi yang rendah, produk potongan (cuts) sesuai dengan selera konsumen, tingkat penerapan sanitasi dan veteriner yang ketat, penerapan standard produksi sesuai dengan rujukan atau praktik terbaik di tingkat internasional, perluasan akses pasar dan distribusi jaringan yang modern dan luas,” ujar pria yang saat ini mengemban amanah sebagai Adjunct Professor di Sekolah Bisnis University of New England Australia ini.

Dalam kesempatan seminar tersebut, para peserta seminar mendapatkan souvenir berupa buku terbaru karangan Dr Arief Daryanto yang berjudul "Daya saing dan Rantai Nilai Inklusif Industri Peternakan" yang diterbitkan oleh IPB Press.

Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help