TribunBogor/
Home »

Bogor

BPOM Tak Segan Tindak Pedagang Pasar yang Masih Jual Produk Berbahaya

Hal itu diperlukan untuk menghentikan produk berbahan berbahaya yang beredar di pasar tradisional.

BPOM Tak Segan Tindak Pedagang Pasar yang Masih Jual Produk Berbahaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Deputi Bidang Pengawasan Bahan Pangan dan Bahan Berbahaya, Suratmono di Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (27/7/2017) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM), Suratmono pihaknya akan melakukan tindakan persuasif kepada para pedagang yang masih menjual barang dagangan yang mengandung zat berbahaya.

"Pertama persuasi, kita tahu kan produk ini produk UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah), kita lakukan pembinaan. Yang jual kadang-kadang gak tahu juga kan," jelasnya ketika ditemui TribunnewsBogor.com di Ciawi, Kamis (27/7/2017).

Ia menambahkan bahwa yang terpenting dari persuasi tersebut, pihaknya bakal menyelidiki asal produk berbahaya yang dijual di pasar.

Hal itu diperlukan untuk menghentikan produk berbahan berbahaya yang beredar di pasar tradisional.

"Dari pasar bener-bener secara detail persuasi belinya dari mana, ketemu hulunya, kalo kita gak nyetop hulunya percuma saja kita nyapuin di jalanan aja, kan," ujarnya.

Kemudian ia melanjutkan jika tindakan langkah pertama tidak berhasil, maka pihaknya tidak akan ragu membawa si pedagang nakal ke ranah hukum.

Darmono mengatakan menjadi sangat penting untuk keberhasilan program tersebut demi keamanan bersama dalam mengkonsumsi produk dari pasar.

"Yang kedua adalah tindakan law imprisonment, itu penting, ketika satu, dua, tiga kali dilakukan persuasi, mau UMKM mau enggak ya, bisa kita ambil tindakan hukum," tegasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help