TribunBogor/

Ini Jam yang Tepat untuk Makan Agar Diet Anda Sukses

Itulah mengapa, bila selama ini Anda telah susah payah tidak makan enak namun berat badan tak kunjung turun, cara ini bisa dicoba

Ini Jam yang Tepat untuk Makan Agar Diet Anda Sukses
TRIBUNNEWS.COM
makanan amerika 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Para peneliti menilai bahwa waktu makan sangat berpengaruh terhadap program diet yang sedang dilakukan.

Kebanyakan dari kita, biasanya lebih memikirkan apa yang harus dimakan saat diet.

Padahal, waktu lebih berpengaruh dari apa yang dimakan.

Itulah mengapa, bila selama ini Anda telah susah payah tidak makan enak namun berat badan tak kunjung turun, cara ini bisa dicoba.

Para peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center menyoroti strategi diet yang bisa diterapkan untuk beberapa orang yang kerap frustasi akan menu diet.

Peneliti tidak membatasi jenis makanan yang harus dimakan saat diet, namun mereka ‘memaksa’ Anda untuk mengatur waktu makan, yaitu hanya makan pada siang hari ketika Anda bergerak lebih aktif.

Dalam penelitian tersebut, para periset menggunakan sistem makan berteknologi baru yang menggunakan sensor dan peralatan otomatis untuk meneliti pola makan tikus percobaan pada waktu-waktu tertentu.

Para periset menemukan bahwa di antara lima kelompok tikus percobaan yang berbeda, hanya tikus yang makan pada saat jam aktif yang kehilangan berat badan.

Tikus lain yang menjalani diet rendah kalori atau diberi makanan tak terbatas, namun disajikan baik di jam aktif maupun tidak, sama-sama tidak menunjukkan penurunan berat badan dan bahkan dapat mengganggu ritme sirkadian yang menyebabkan masalah tidur.

"Bila diterjemahkan ke dalam perilaku manusia, penelitian ini menunjukkan bahwa diet hanya akan efektif jika kalori dikonsumsi pada siang hari saat kita bangun dan aktif," kata kepala studi Joseph S. Takahashi, Ph.D., ketua neuroscience di UT Southwestern's Peter O'Donnell Jr. Brain Institute.

"Makan pada waktu tubuh tidak bergerak aktif seperti pada malam hari, tidak akan menyebabkan penurunan berat badan signifikan walau Anda memakan menu diet."

Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help