TribunBogor/

Program IGTF, Mahasiswa dan Dosen IPB Kompak Atasi Permasalahan di Masyarakat

Melalui program ini, IPB membantu masyarakat mengatasi permasalahannya, sambil sekaligus memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa

Program IGTF, Mahasiswa dan Dosen IPB Kompak Atasi Permasalahan di Masyarakat
Humas IPB

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Adanya Institut Pertanian Bogor (IPB) diharapkan mampu mencari solusi dengan kreativitas yang tinggi, dan mempunyai visi untuk masa depan pertanian di Indonesia.

Untuk melaksanakan peran perguruan tinggi tersebut, pada tahun 2008, IPB menggagas suatu kegiatan yang disebut IPB Goes to Field (IGTF), di mana sejumlah mahasiswa dan dosen IPB turun ke lapangan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat.

“IPB Goes to Field adalah kegiatan pendidikan dalam bentuk pembelajaran mahasiswa bersama masyarakat dengan cara tinggal, beradaptasi, dan bekerja bersama-sama masyarakat. Status kegiatan IPB Goes to Field adalah non kurikuler yang dilakukan secara sukarela oleh mahasiswa yang berminat,” ujar Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prastowo dalam siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Melalui program ini, IPB membantu masyarakat mengatasi permasalahannya, sambil sekaligus memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup bersama dan bekerjasama dengan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, IGTF melibatkan stakeholder lain yang terkait, seperti tokoh masyarakat, pemerintah daerah, swasta, industri, dan LSM.

Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat diantaranya meningkatnya kemampuan masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, meningkatnya kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Lalu, mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan berinteraksi dengan masyarakat dan membantu mengatasi permasalahan yang masyarakat, meluasnya jaringan kemitraan yang dimiliki IPB dan terjaringnya umpan balik bagi IPB guna mengembangkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Program IGTF memiliki dua skala kegiatan yaitu skala nasional dan skala internasional.

IGTF pada skala nasional melingkupi kerjasama dengan pemerintah daerah atau universitas seluruh kabupaten di Indonesia.

Sedangkan untuk skala internasional melingkupi kerjasama SUIJI Service Learning Program (SLP) tiga universitas di Jepang yaitu Ehime University , Kagawa University, dan Kochi University serta universitas di Indonesia diantaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanudin.

Halaman
12
Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help