TribunBogor/
Home »

Metro

Mahasiswa IPB Ciptakan Mesin Berbahan Panas Untuk Hasilkan Listrik

Inovasi yang mereka ciptakan berupa penggunaan mesin generator stirling untuk memanfaatkan panas yang terbuang pada pabrik tempe.

Mahasiswa IPB Ciptakan Mesin Berbahan Panas Untuk Hasilkan Listrik
Pixabay
Ilustrasi bohlam lampu 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem (TMB) Institut Pertanian Bogor (IPB) meraih juara pertama dalam lomba Product Innovation Contest pada perhelatan Pekan Teknik Pertanian Nasional VIII yang digelar di Universitas Andalas, Padang beberapa waktu lalu.

Lomba yang bertemakan pertanian modern ini diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta perguruan tinggi dari negara tetangga yaitu Malaysia dan Filipina.

Inovasi yang ditawarkan oleh masing-masing peserta pun beragam dan setiap tim harus melalui serangkaian proses seleksi hingga tahap final.

Siaran pers Humas IPB, salah satu tim yang menjadi juara dalam ajang tersebut adalah Muhammad Nurul Aazhim Al Fauri, Muhammad Rivan Goishy F, dan Maman Setiawan.

Inovasi yang mereka ciptakan berupa penggunaan mesin generator stirling untuk memanfaatkan panas yang terbuang pada pabrik tempe.

Muhammad Nurul menjelaskan, pembuatan alat melalui beberapa fase yaitu identifikasi masalah, pembuatan konsep desain, pembuatan simulai gambar, proses pabrikasi alat, dan uji coba.

Mesin striling merupakan salah satu jenis mesin motor yang dapat mengubah energi panas menjadi energi mekanik yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Motor jenis ini menggunakan panas dari berbagai sumber sehingga penggunaannya tidak tergantung pada minyak bumi atau bahan bakar lainnya.

Pemanfaatan mesin jenis ini memiliki potensi menggantikan motor bakar atau motor listrik yang masih banyak digunakan di masyarakat.

"Namun,  di Indonesia mesin jenis ini belum banyak diteliti maupun digunakan untuk skala besar," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help