TribunBogor/
Home »

News

» Sains

Peneliti IPB Bandingkan Pertumbuhan Sapi Brahman, Madura dan Peranakan Ongole

Penelitian dilakukan dengan pengambilan gambar menggunakan kemera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan resolusi 18 MP.

Peneliti IPB Bandingkan Pertumbuhan Sapi Brahman, Madura dan Peranakan Ongole
Humas IPB

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tim peneliti dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Ternak, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPTP Fapet IPB) melakukan penelitian terhadap perkembangan kerangka tubuh sapi pada fase dewasa kelamin.

Tim yang terdiri dari A. M. Fuah, R Priyanto, H Nuraini, dan B W Putra mengati tiga jenis sapi, yakni Sapi Brahman, Sapi Madura dan Peranakan Ongloe (PO).

Penelitian tersebut dilakukan untuk mengevaluasi pola tumbuh kembang beberapa bangsa sapi keturunan Zebu (Bos indicus) berdasarkan ukuran linier kerangka tubuh pada fase pertumbuhan menggunakan metode citra digital.

Penelitian ini menggunakan 240 ekor yang terdiri dari sapi PO dan Madura yang diambil dari LOLIT Grati, sapi Pasundan dari BPPT, Sapi Potong Ciamis dan Sapi Brahman dari BPTU Sembawa, Sumatera Selatan dengan rentan umur masing-masing dari lahir hingga sebelum sapih, lepas sapih hingga dewasa kelamin dan dewasa kelamin hingga dewasa tubuh.

Penelitian dilakukan dengan pengambilan gambar menggunakan kemera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan resolusi 18 MP.

Standing gauge atau meteran berdiri sebagai pemberi skala yang terstandar untuk acuan analisis pengukuran citra digital pada sapi peranakan ongole (PO), sapi Brahman, dan sapi Madura dengan berbagai tingkat umur yang berbeda.

Kemudian dilakukan pengukuran terhadap ukuran morfometrik dengan menggunakan metode Schmidt-Nielsen.

Pengukuran morfometrik yang diamati tim ini adalah cervicalis vertebrae, thoraxic vertebrae, lumbar vertebrae, sacral vertebrae, scapulla, humerus, radius ulna, metacarpus, femur, tibia fibula, metatarsus, panjang badan, tinggi badan, dalam dada dan tinggi hip, panjang total, jarak kaki, lebar badan, lebar total. Selanjutnya parameter dianalisis dengan menggunakan software ImageJ.

"Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bangsa sapi dan pada rentang umur tertentu berpengaruh terhadap sebagian besar ukuran kerangka tubuh yang diamati meliputi tulang belakang, tungkai depan, tungkai belakang dan ukuran kerangka tubuh secara umum," ujar seorang anggota tim, A.M Fuah dalam siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Pengaruh bangsa tampak nyata pada spesifikasi umur tertentu.

Pada kategori umur pra sapih, sapi Brahman memiliki ukuran yang lebih panjang untuk jenis tulang scapula, humerus, dan radius-ulna rata-rata sebesar 12,00, 9,04 dan 4,18 cm jika dibandingkan dengan sapi PO dan Madura.

Pada kategori umur LS (Lepas sapih), sapi Brahman memiliki ukuran tulang humerus lebih panjang dibandingkan sapi PO dan Madura dengan selisih sebesar 4,07 dan 3,64 cm. Pada kategori umur dewasa kelamin, sapi Brahman memiliki ukuran tulang scapula, humerus, dan metacarpus yang lebih besar dibandingkan kedua bangsa sapi lainnya, sementara tulang radius-ulna pada sapi PO lebih besar dibandingkan kedua bangsa sapi lainnya.

“Dominannya ukuran tulang yang lebih panjang pada sapi Brahman, memungkinkan sapi Brahman memproduksi daging lebih banyak. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi kerangka/tulang adalah lokasi bertautnya jaringan otot, sehingga sapi Brahman lebih mengarah kepada tipe pedaging. Ukuran tubuh ternak dapat berbeda antara satu sama lain yang kemungkinan adanya perbedaan keragaman yang disebabkan potensi genetik, lokasi asal, sistem pemeliharaan dan perkawinan yang diterapkan di daerah tersebut,” terangnya.

Dari pengamatan yang dilakukan, tim peneliti menyimpulkan bahwa sapi Brahman memiliki kerangka tubuh yang relatif lebih besar dibandingkan sapi PO dan kerangka tubuh sapi PO lebih besar daripada sapi Madura, sehingga sapi Brahman merupakan sapi daging yang potensial (tipe pedaging) dibandingkan dengan sapi PO dan sapi Madura.

Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help