TribunBogor/

Rajin Makan Sayuran dan Buah Mengandung Antioksidan Bisa Kurangi Risiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif terjadi karena adanya kerusakan molekul radikal bebas yang tidak dapat diperbaiki atau diganti seperti sediakala.

Rajin Makan Sayuran dan Buah Mengandung Antioksidan Bisa Kurangi Risiko Penyakit Degeneratif
Humas IPB
Guru Besar IPB, Prof Tutik Wresdiyati 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (FKH IPB),  Prof Tutik Wresdiyati telah melakukan berbagai penelitian terkait interaksi radikal bebas dan antioksidan terhadap sisi kesehatan medis.

“Jangan takut radikal bebas karena radikal bebas dibutuhkan dalam metabolisme tubuh,” kata Prof. Tutik dalam siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Ia menjelaskan,  secara alami metabolisme yang berlangsung dalam sel tubuh akan menghasilkan molekul sampingan yang dikenal dengan radikal bebas.

Sebenarnya radikal bebas pun memiliki peran yang dibutuhkan sel tubuh seperti proses pematangan struktur sel, sistem pertahanan tubuh, serta regulasi berbagai fungsi antarsel.

Sebagai produk sampingan molekul, radikal bebas akan selalu ada di tubuh, tetapi hanya pada keadaan berlebih menjadi sangat berbahaya, karena molekul ini dapat menyerang sel sehat.

Prof. Tutik mengatakan antioksidan dapat menghambat kerusakan pada biomolekul sel target radikal bebas.

“Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menetralkan kelebihan radikal bebas serta berkontribusi dalam pencegahan penyakit. Antioksidan juga secara alami dihasilkan di dalam tubuh, meskipun begitu tetap dibutuhkan asupan antioksidan dari luar tubuh dengan jumlah yang ideal. Ketidakseimbangan antara jumlah molekul radikal bebas dan antioksidan menyebabkan penyakit yang disebut penyakit degeneratif,” kata Prof. Tutik.

Penyakit degeneratif terjadi karena adanya kerusakan molekul radikal bebas  yang tidak dapat diperbaiki atau diganti seperti sediakala.

Kondisi tersebut disebut juga sebagai stres oksidatif di mana terjadi kekurangan antioksidan atau peningkatan produksi radikal bebas.

Hampir semua penyakit degeneratif disebabkan radikal bebas yaitu diabetes melitus, aterosklerosis, hipertensi, kanker, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, artritis, stroke, penuaan dini, dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help