TribunBogor/

2 Hal Ini Jadi Faktor Penyebab Seseorang Nekat Bunuh Diri

Selain itu, kegagalan yang dialami seseorang pun bisa memicu tidak bahagia hidup seseorang.

2 Hal Ini Jadi Faktor Penyebab Seseorang Nekat Bunuh Diri
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Direktur Utama RS Marzoeki Mahdi, Dr Bambang Eko 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Kasus bunuh diri yang terjadi di Wliayah Kota dan Kabupaten Bogor belakangan ini menjadi perhatian Psiakater dari Rumah Sakit (RS) Marzoeki Mahdi, Dr Bambang Eko.

Bahkan tak sedikit pelaku bunuh diri berasal dari kalangan remaja. Caranya pun bermacam-macam, mulai dari gantung diri, minum minuman beracun, dan lain sebagainya.

Menurutnya Bambang, banyak faktor yang membuat seseorang melakukan bunuh diri.

Pia yang juga menjabat sebagai Direktur Utama RS Marzoeki Mahdi itu menyebut sedikitnya ada dua faktor utama seorang memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Dua faktor tersebut antara lain Faktor sosial yang menimbulkan banyak tekanan sehingga membuat hidup tidak bahagia dan faktor impulsif atau bertindak secara tiba-tiba.

"Banyak yang hal yang membuat hidup tidak bahagia, misal hubungan rumah tangga yang tidak harmonis, kemiskinan, dan lain sebagainya," katanya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (7/9/2017).

Selain itu, kegagalan yang dialami seseorang pun bisa memicu tidak bahagia hidup seseorang.

"Misalnya kalau dari kalangan pelajar itu tidak lulus sekolah, yang bersangkutan kemudian mendapatkan bullying atau lain sebaginya, tentu akan mempengaruhi mental, sehingga kegagalan tersebut bisa memicu terjadinya bunuh diri," ucapnya.

Sementara dari sisi impulsif, biasanya seseorang berindak tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

"Misalnya ada perkataan yang sensistif, seseorang akan langsung merespon dengan berkata kasar atau lainnya, bisa juga dengan tindakan," tandasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help