TribunBogor/
Home »

Metro

Pilkada Wali Kota Bogor 2018

Segini Jumlah Minimum Dukungan Untuk Calon Wali Kota Bogor dari Jalur Independen

Penetapan jumlah minumum dukungan persyaratan untuk calon dari perseorangan tersebut telah diterbitkan usai melaksanakan rapat pleno

Segini Jumlah Minimum Dukungan Untuk Calon Wali Kota Bogor dari Jalur Independen
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Kantor KPUD Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor telah meliris penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan bagi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor dari jalur perseorangan atau independen.

Penetapan jumlah minumum dukungan persyaratan untuk calon dari perseorangan tersebut telah diterbitkan usai melaksanakan rapat pleno pada 10 September 2017 kemarin.

Komisioner Divisi Hukum pada KPU Kota Bogor, Siti Natawati berkata, penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu atau Pemilihan terakhir menjadi dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan bagi pasangan calon walikota dan wakil walikota Bogor dari calon perseorangan.

"KPU Provinsi dan KPU Kabupaten atau Kota menetapkan syarat dukungan dan pesebarannya bagi calon perseorangan didasarkan pada jumlah pemilih yang tercantum dalam DPT pada Pemilu atau Pemilihan terakhir dengan menggunakan DPT Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden," katanya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (11/9/2017).

Dia menjelaskan, jumlah penduduk yang termuat dalam DPT pada Pemilu atau Pemilihan Terakhir sendiri ada sebanyak lebih dari 500 ribu sampai dengan 1 juta jiwa, artinya, wali kota dan wakil wali kota harus didukung paling sedikit 7,5 persen.

Sehingga, jumlah syarat dukungan paling sedikit untuk pasangan calon walikota dan wakil walikota Bogor dari calon perseorangan pada Pilwakot 2018 dapat dihitung dengan perhitungan 7,5% X Jumlah DPT Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kota Bogor Tahun 2014 yakni sebesar 680.176.

"Hasilnya, jumlah dukungan pasangan calon perseorangan adalah sebanyak 51.014 dukungan yang tersebar di lebih dari
50 persen jumlah kecamatan di Kota Bogor atau tersebar paling sedikit di empat dari enam kecamatan yang ada di Kota Bogor," katanya.

Siti menambahkan, dukungan sebagaimana yang dimaksud dibuat dalam bentuk surat dukungan.

"Jadi harus disertai dengan foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor," tandasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help