TribunBogor/
Home »

Metro

Pomade dari Rumput Laut, Bikin Rambut Lebih Berkilau

Pomade ini dibuat dari formulasi terbaik dengan bahan tambahan yang sesuai dengan BPOM serta standar SNI.

Pomade dari Rumput Laut, Bikin Rambut Lebih Berkilau
Humas IPB
Pomade dari bahan rumput laut hasil inovasi Profesor IPB. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Berawal dari ketersediaan rumput laut yang berlimpah,  Prof Dr Nurjanah, Dosen Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan sebuah inovasi yaitu PORL, pomade yang berbahan dasar rumput laut lokal.

Pomade dibuat dari bubur rumput laut yang berkhasiat sebagai style rambut sehat.

Pomade ini dibuat dari formulasi terbaik dengan bahan tambahan yang sesuai dengan BPOM serta standar SNI.

"Proses pembuatan PORL dimulai dengan pencampuran bahan  beeswax, vaselin, sediaan bubur rumput laut, minyak jarak, minyak kemiri melalui proses pemanasan dengan api sedang, selanjutnya penambahan pewarna dan juga pewangi yang diinginkan. Tahap akhir yaitu proses pencetakan dalam wadah lalu dikemas dengan pemasangan stiker," ujarnya belum lama ini.

Nurjanah menjelaskan, kelebihan pomade ini selain penggunaan bubur rumput laut dengan berbagai variasi  juga menggunakan bahan alam yaitu minyak jarak dan minyak zaitun.

Bahan-bahan alam tersebut termasuk rumput laut kaya akan bahan aktif yang diperlukan untuk kesehatan pertumbuhan rambut dan masih banyak lagi.

Pomade dengan bahan dasar bubur rumput laut yang mengkombinasikan rumput laut merah dengan rumput laut cokelat menjadikan rambut lebih berkilau, staylish, sehat dan membantu dalam penumbuhan rambut yang dikemas dalam berbagai variasi.

"Jadi, Pomade produksi kami tersedia dengan variasi aroma serta tingkat kekakuan yang berbeda pada rambut seperti soft, medium, hard, dan extra hard yang disesuaikan dengan jenis rambut seseorang," katanya.

Dalam proses produksinya, pomade dibuat tanpa menghasilkan limbah karena semua komponen rumput laut digunakan.

Hal ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan nilai ekonomis pada rumput dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Pomade rumput laut sudah dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia dengan harga Rp 75-80 ribu.

 "Total produksi PORL sudah lebih dari 300 pcs dan sudah terjual di berbagai daerah di Indonesia. Kami juga memasarkannya secara online. Kalau di instagram masyarakat bisa mengorder di @pomaderumputlaut. Kami juga memasarkannya di berbagai media online seperti Bukalapak, tokopedia, dan facebook," ujar Direktur Rumah Rumput Laut (RRL), Ryan Fachrozan.(*)

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help