TribunBogor/
Home »

News

» Sains

Peneliti IPB Analisis Jasa Lanskap Agroforestri dalam Daerah Aliran Sungai di Jawa Barat

Peneliti ini memberikan rekomendasi dengan arahan pada peningkatan komposisi dan jenis tanaman agar pekarangan mampu bernilai keanekaragaman tinggi.

Peneliti IPB Analisis Jasa Lanskap Agroforestri dalam Daerah Aliran Sungai di Jawa Barat
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kampung Pulo Geulis, pemukiman padat penduduk yang di apit oleh Sungai Ciliwung, di Kota Bogor, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Manajemen lanskap agroforestri yang baik telah diyakini mampu meningkatkan nilai ekonomi dan produktivitas komoditas pertanian di dalamnya.

Selain memberikan produk panen yang membaik, lanskap agroforestri juga menyediakan jasa lanskap yang sangat potensial.

Dua orang peneliti dari Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Kaswanto dan Fitriyah Nurul Hidayati Utami mencoba untuk mengamati jasa lanskap agroforestri dalam kawasan daerah aliran sungai mencakup tiga
jenis, yakni biodiversitas vegetasi, karbon tersimpan, dan kualitas sumberdaya air.

Hasil analisis biodiversitas dengan indeks Shannon Wiener (H‟) dalam lanskap agroforestri skala mikro (pekarangan) pada bagian hulu mencapai 2,49, bagian tengah 2,85 dan pada bagian hilir 2,63. Rataan kekayaan jenis secara keseluruhan di bagian tengah 5,45, hulu 4,15,
dan hilir 4,44.

Dari hasil analisis karbon tersimpan, peneliti ini menemukan bahwa karbon tersimpan dalam pekarangan berkisar 0,08 - 131,61 Mg per hektar.

Secara keseluruhan hasil rataannya adalah 42,11 Mg per hektar. Sementara, kualitas kimia air menunjukkan bahwa konsentrasi total pospat (TP), nitrit dan nitrat dari lahan pertanian membuat nilai Water Pollution Index (WPI) berada pada standar 2 hingga 4.

“Dilihat dari kualitas biologi berdasarkan konsentrasi total coliform cenderung di luar ambang batas yang diperbolehkan oleh Peraturan Pemerintah No. 82/2011,” ujar Kaswanto.

Peneliti ini memberikan rekomendasi dengan arahan pada peningkatan komposisi dan jenis tanaman agar pekarangan mampu bernilai keanekaragaman tinggi.

Pekarangan mampu berfungsi baik sebagai penyimpan keanekaragaman hayati maupun penyerap karbon hingga pada saat yang bersamaan mampu memberikan peran sebagai bio-filter air.

Peningkatan jasa lanskap agorestri dapat dilakukan dengan mengoptimalkan lahan pekarangan, menanam tanaman yang produktif, serta menanam tanaman lokal serta mendesain pemanfaatan kombinasi sumber air secara berkelanjutan demi menuju lanskap
rendah karbon.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help