TribunBogor/

Alumni Gema 77/ 78 Dorong Mahasiswa Tak Hanya Kritis Tapi Berani Bergerak

Sebab menurutnya, sistem demokrasi saat ini sama sekali tidak berdampak pada kesejahteraan rakyat.

Alumni Gema 77/ 78 Dorong Mahasiswa Tak Hanya Kritis Tapi Berani Bergerak
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ketua Dewan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) 1977, Indro Tjahyono 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kegiatan reuni aktivis gerakan mahasiswa (Gema) 77/ 78 di IPB Science Park, Kota Bogor disambut baik oleh para alumni aktivis Gema 77/ 78.

Ketua Dewan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) 1977, Indro Tjahyono berkata bahwa melalui reuni ini, akan keluar pemikiran-pemikiran dari para tokoh aktivis senior yang menginginkan ada perbaikan di dalam pemerintahan guna bisa lebih mensejahterakan masyarakat.

Sebab menurutnya, sistem demokrasi saat ini sama sekali tidak berdampak pada kesejahteraan rakyat.

"Dulu itu kami ditangkap ratusan orang, dipenjarakan, berjuang untuk rakyat, sekarang kami hanya bisa memberikan masukan-masukan untuk kinerja pemerintah yang lebih baik," ucapnya.

Dia pun berujar bahwa harapannya kepada para mahasiswa sebagai agen perubahan bisa bergerak, tidak saja sekedar menjalani aktivitas sesuai kurikulum yang berlaku melainkan juga mencoba untuk memahami dan sadar terhadap kondisi sosial politik yang terjadi di negeri ini.

"Mahasiswa tentu harus bergerak demi sebuah perubahan, namun yang saya lihat saat ini lemah dalam hal kesadaran sosial dan politik, karena digenjot melaksanakan kewajiban kurikuler kuliahnya, seolah tak diberi kesempatan, yang ikut demi saja diberi sanksi," jelasnya.

Melalui kegiatan temu alumni ini, lanjutnya, ia berharap apa yang telah didiskusikan mengenai situasi baik sosial maupun politik di negeri ini bisa menjadi bahan masukkan untuk pemerintah agar bekerja lebih baik lagi.

"Sebetulnya kami mengundang Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi), tapi berhalangan, tapi tentu nanti kami para alumni 77/ 78 akan mengadakan pertemuan dengan pemerintah dan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help