Erupsi Gunung Agung, Charoen Pokphand Beri 50 Ton Pakan Untuk Ternak Sapi Warga yang Diungsikan

Tempat penampungan menyebar di 24 Desa, 14 Kecamatan dan 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Karangasem, Klungkung, Gianyar, Buleleng dan Bangli.

Erupsi Gunung Agung, Charoen Pokphand Beri 50 Ton Pakan Untuk Ternak Sapi Warga yang Diungsikan
Istimewa
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bersama PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) memberikan pakan terhadap hewan ternak milik warga Bali yang terkena imbas erupsi Gunung Agung 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Paska ditetapkannya status awas terhadap Gunung Agung, ratusan ribu warga Bali terpaksa mengungsi.

Imbasnya, warga yang memiliki hewan ternak juga harus membawa hewan ternaknya untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Melihat kondisi seperti itu, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bersama PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) melakukan kegiatan Peduli Siaga Gunung Agung.

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali dan Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem, serta Pemerintah daerah Kabupaten Karangasem, mengambil langkah-langkah penanganan evakuasi ternak sapi dari lokasi risiko bencana.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan kerugian peternak akibat bencana tersebut.

Dari siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com, untuk melakukan kegiatan tersebut, dibentuk Tim Kesiapsiagaan Darurat dari Ditjen PKH dalam misi penyelamatan ternak, serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi untuk diambil keputusan dalam penyelesaiannya di lapangan.

Saat ini Satgas telah melaksanakan kegiatan evakuasi ternak yaitu sapi, kambing, babi, dan unggas ke lokasi penampungan.

Jumlah ternak yang sudah dievakuasi sebanyak 1.001 ekor sapi, 20 ekor kambing dan 3 ekor babi serta 3.000 ekor ayam petelur yang telah ditampung.

Tempat penampungan menyebar di 24 Desa, 14 Kecamatan dan 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Karangasem, Klungkung, Gianyar, Buleleng dan Bangli.

Karena wilayah kerja yang cukup luas, Ditjen PKH melalui Satgas ini juga menfasilitasi pelaku industri dibidang Peternakan yang akan berperan serta memberikan bantuan berupa pakan ternak dan truk untuk mengevakuasi ternak.

Halaman
12
Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help