TribunBogor/
Home »

Bogor

Antisipasi Bencana Alam, Kabupaten Bogor Siapkan Desa Tangguh

sudah ada 11 desa yang dilatih untuk menjadi desa tangguh ketika menghadapi bencana longsor, puting beliung maupun banjir.

Antisipasi Bencana Alam, Kabupaten Bogor Siapkan Desa Tangguh
TribunnewsBogor.com/ Naufal Fauzy
Jalan Longsor di Kampung Babakan, RT 05/01, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor saat ini sudah menyiagakan desa tangguh untuk mengantisipasi datangnya bencana di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menuturkan, saat ini sudah ada 11 desa yang dilatih untuk menjadi desa tangguh ketika menghadapi bencana baik itu longsor, puting beliung maupun banjir.

"Jadi masing-masing desa itu ada 20 personel yang sudah diberikan pelatihan lengkap dengan peralatan ketika ada bencana," ujar Budi kepada TribunnewsBogor.com saat ditemui di Desa Bojonggede.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya saat ini melakukan konsolidasi dengan Desa Bojonggede untuk pemantapan menjadi desa tangguh.

Terlebih, kata dia, Bojonggede merupakan salah satu desa yang rawan terjadi bencana banjir ketika mulai memasuki musim penghujan.

Anggota BPBD Kabupaten Bogor.
Anggota BPBD Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Damanhuri)

"Yang pasti mereka lebih mandiri. Jadi ketika dibutuhkan wilayah lain personil dari Bojonggede ini bisa membantunya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Bojonggede, Dede Malvina tidak menapik jika wilayahnya menjadi langganan banjir saat memasuki musim penghujan lantaran luapan sungai kali baru.

"Ini bagian dari langkah antisipasi, sehingga kami di desa pun juga lebih waspada ketika hujan sudah mulai turun," tukasnya.(*)

Penulis: Damanhuri
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help