TribunBogor/
Home »

Bogor

Didemo HMI, DPMD Kabupaten Bogor Bakal Kumpulkan Kades

penggunaan dana desa itupun harus transparan dan diketahui oleh masyarakat luas kemana anggaran itu mengalir.

Didemo HMI, DPMD Kabupaten Bogor Bakal Kumpulkan Kades
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Massa dari HMI melakukan aksi demo di Kawasan Pemkab Bogor di Cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Deni Ardiana berjanji akan mengevaluasi pemanfaatan dana Desa dalam waktu dekat.

Menurutnya, penggunaan dana desa tupoksinyabberada di Kepala Desa (Kades) masing-masing.

"70 persen anggaran untuk kepentingan masyarakat, sedangkan 30 persen lagi untuk operasional kantor Desa," tuturnya usai menemui rombongan mahasiswa HMI Kabupaten Bogor yang melakukan aksi unjuk rasa pada Kamis (12/10/2017).

Deni melanjutkan, penggunaan dana desa itupun harus transparan dan diketahui oleh masyarakat luas kemana anggaran itu mengalir.

“Yang dilakukan desa selama kurun waktu 1 tahun harus diumumkan, karena tidak semua masyarakat bisa ikut serta saat musyawarah," kata dia.

Tak hanya itu, sambung Deni, pihannya juga akan mengundang Kecamatan dan Kepala Desa untuk menyampaikan jenis belanja secara detail saat evaluasi nanti.

“Sudah ada beberapa desa yang mengumumkan sampai jenis belanjanya juga diumumkan. Kami Pemkab Bogor bertugas untuk mengawasi sistem ekspose bisa berjalan," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor buru-buru mengunci pagar saat sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mendatangi komplek perkantoran Pemkab Bogor, Kamis (12/10/2017).

Mahasiswa yang datang lewat gerbang belakang komplek perkantoran Pemkab Bogor ini tidak diizinkan masuk oleh petugas yang berjaga mengamankan aksi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Damanhuri
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help