TribunBogor/
Home »

Bogor

Begini Proses Pembuatan Patung Seharga Jutaan Rupiah Karya Mantan Kontraktor, Dari Sini Inspirasinya

karya seni itu tidak menentu jika ada yang membeli harga pun relatif dilihat dari pribadi peminatnya rata-rata berkisar Rp 600 ribu - 18 juta.

Begini Proses Pembuatan Patung Seharga Jutaan Rupiah Karya Mantan Kontraktor, Dari Sini Inspirasinya
Tribunnews.com/Naufal Fauzy
Ay Haryadi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN -- Pria asli Bogor, Ay Haryadi (63) bisa membuat karya seni patung yang bernilai belasan juta ini ternyata dalam proses pembuatannya cukup memakan waktu.

Selain itu pria yang kerap disapa H. Ayi ini juga mengatakan bahwa ide pun tidak datang secara terprediksi melainkan muncul begitu saja seperti ketika ia sedang berpergian atau sedang menonton TV.

"Kalau ide suka ada di benak, selintas, oh gini, buatlah gitu, bikinnya itu awal rangka dulu dari besi, terus dicor, ditinggalin, biar kering dulu, besok dicor lagi, jadi relatif waktunya gitu, sampai dua minggu kadang-kadang," ujar Ayi kepada TribunnewsBogor.com, Senin (13/11/2017).

Ia juga mengaku bahwa dari segi materi, karya seni itu tidak menentu jika ada yang membeli harga pun relatif dilihat dari pribadi peminatnya rata-rata berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 18 juta per patungnya.

Malahan terkadang, jika ia dikunjungi teman dan menyukai karya yang ia buat, Ayi akan memberikan hasil karyanya dengan cuma-cuma.

"Bagi saya seni itu adalah suatu curahan imajinasi yang keluar dari kepribadian dan diterapkan kepada suatu benda lain gitu, misalkan kita suka terhadap sesuatu, kita abadikan lewat karya," katanya.

Ayi mengaku bahwa selama 12 tahun terakhir ia kerap membuat patung abstrak yang berawal dari iseng karena minatnya sendiri.

"Saya suka bola terus bikin patung tentang sepak bola, jadi inget jaman dulu, bola nih, jadi ada imajinasinya yang dicurahkan kepada karya seni, gitu," katanya.

Hasil karyanya, Ayi pamerkan di pinggir Jalan Raya Bogor - Sukabumi yang tepatnya di Kampung Mulyasari, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Ayi juga mengaku bahwa cukup banyak orang-orang yang datang dan melihat-lihat patung-patungnya bahkan anak muda yang hanya sekedar berfoto selfie dengan karyanya itu.

"Ke depan karena saya sudah tidak kerja lagi, ingin istirahat, rencana saya mau lelang semuanya," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help