TribunBogor/

LPPM IPB Gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2017

jumlah hasil penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2017 ini sebanyak 341 judul penelitian siap didiseminasi.

LPPM IPB Gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2017
Humas BNPB
Seminar LPPM IPB 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor (6/12).

LPPM IPB mengevaluasi kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang selama ini berlangsung sebagai upaya perbaikan mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan kali ini mengusung tema “Inovasi untuk KedaulatanPangan”.

Ketua pelaksana, Prof. Dr. Nurjanah menjelaskan tujuan dari seminar ini adalah untuk penjaminan mutu hasil-hasil penelitian dan sebagai bentuk sosialisasi dan diseminasi hasil penelitian serta hilirisasi hasil penelitian untuk ditindaklanjuti dalam bentuk publikasi, paten dan komersialisasi.

Iamenambahkan, dari program-program penelitian tersebut, jumlah hasil penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2017 ini sebanyak 341 judul penelitian siap didiseminasi.

Dalam kegiatan seminar hasil PPM ini berupa presentasi oral sebanyak 179 judul dan presentasi poster sebanyak 162 judul yang dibagi ke dalam enam kelompok bidang, yakni B1 (Bidang Pangan), B2 (Bidang Energi), B3 (Bidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan), B4 (Bidang Biologi dan Kesehatan), B5 (Sosial, Ekonomi dan Budaya), B6 (Bidang Teknologi dan Rekayasa).

Maka LPPM dalam pelaksanaannya selalu mengedepankan substansi hasil penelitian dan mengundang para mitra yang telah bekerja sama
dengan IPB.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Riset dan Kerja Sama IPB, Prof. Dr. Anas Miftah Fauzi.

Ia mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir (2008-2017), IPB telah banyak mengembangkan Ipteks dan inovasi serta membumikannya melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh IPB tersebut dikemas dalam kelompok kegiatan pengembangan publikasi hasil penelitian dan kelompok kegiatan pengembangan institusi pelayanan masyarakat.

Dikatakannya, program pengembangan publikasi hasil penelitian telah dilakukan antara lain melalui berbagai kegiatan seminar, pengembangan sistem basis data dan website, diseminasi hasil penelitian, serta penerbitan Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia dan Jurnal Agro Kreatif.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help