Agar Anak Terhindar Dari Difteri, Kenali Gejala Awal Hingga Cara Pencegahannya

Seperti diketahui bahwa penyakit yang dapat mengakibatkan kematian itu saat ini banyak melanda anak-anak terutama di beberapa daerah Jabar

Agar Anak Terhindar Dari Difteri, Kenali Gejala Awal Hingga Cara Pencegahannya
Net

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Gejala penyakit difteri rupanya dapat diketahui sendiri sebelum pergi ke dokter.

Seperti diketahui bahwa penyakit yang dapat mengakibatkan kematian itu saat ini banyak melanda anak-anak terutama di beberapa daerah Jawa Barat.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular dan Surveilance (P3MS) Dinkes Kota Bogor, Dr Linda pun mengatakan bahwa setiap masyarakat patut mengetahui gejala difteri untuk mengantisipasi ataupun mengatahui langkah yang harus diambil bila terkena difteri.

"Ya kita harus mengenali gejala awal difteri, bisa tidak spesifik, seperti demam tidak tinggin nafsu makan menurun, lesu, nyeri menelan dan nyeri tenggorokan, serta sekret hidung kuning kehijauan dan bisa disertai darah," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (8/12/2017).

Namun, kata dia, penyakit difteri pun rupanya memiliki tanda khas berupa selaput putih keabu-abuan di tenggorok atau hidung.

"Kemudian juga dilanjutkan dengan pembengkakan leher atau disebut sebagai bull neck," jelasnya.

Lina pun menganjurkan agar segera ke fasilitas kesehatan terdekat apabila Anda atau keluarga mengeluh nyeri tenggorokan disertai suara berbunyi seperti mengorok.

"Anak harus segera dirawat di rumah sakit apabila dicurigai menderita difteri agar segera mendapat pengobatan dan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan apakah anak benar menderita difteri," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa, untuk memutuskan rantai penularan, seluruh anggota keluarga serumah harus segera diperiksa oleh dokter dan petugas dari Dinas Kesehatan, serta mendapat obat yang harus dihabiskan untuk mencegah penyakit.

"Ya supaya tahu apakah mereka juga menderita atau karier pembawa kuman difteri, seperti diketahui bahwa difteri ini sendiri merupakan penyakit sangat menular," pungkasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help