Diet Mengurangi Kalori dan Puasa Senin Kamis Ternyata Bisa Bikin Awet Muda

Para ahli mengatakan bahwa studi pertama ini telah membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana diet puasa cegah penuaan.

Diet Mengurangi Kalori dan Puasa Senin Kamis Ternyata Bisa Bikin Awet Muda
Ilustrasi(Thinkstockphotos) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Penuaan sangat mudah "dibaca" lewat kulit, bukan hanya garis-garis kerutan, tapi juga kulit terlihat kusam dan hilang kekenyalannya.

Kondisi tersebut tidak bisa dicegah, namun masih bisa diperlambat. Salah satunya lewat pola makan yang sehat.

Menurut Rozalyn Anderson dari Universy of Winconsin-Madison membatasi asupan kalori bisa menunda tanda-tanda penuaan.

"Salah satu hal yang terkadang dilewatkan orang adalah fakta menakjubkan bahwa penuaan dapat diubah. Penelitian pembatasan asupan kalori membuktikan hal ini,” ujar Anderson.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengasup kalori 25 persen lebih sedikit dalam sehari bisa menjadi kunci untuk tetap terlihat awet muda.

Bagi perempuan, asupan itu setara dengan mengurangi 500 kalori per hari, artinya tetap memenuhi asupan total 1.500 kalori, daripada yang direkomendasikan 2.000. 

Sementara untuk pria, berarti hanya mengasup 1.875 kalori sehari, bukan 2.500 kalori yang disarankan untuk pria.

Diet puasa, seperti diet 5:2, di mana seseorang selama 2 hari dalam seminggu membatasi kalori harian, memicu ragam tanggapan dari para ahli.

Banyak yang berpendapat bahwa puasa bukanlah solusi jangka panjang, karena berat badan akan kembali bertambah ketika berhenti.

Kendati demikian, Anderson mengatakan percobaan klinis pertama yang melihat efektivitas puasa pada seseorang membuktikan bahwa metode tersebut dapat menangkal tanda-tanda penuaan.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help