Home »

Techno

» Apps

Ini Dia Ciri-ciri Pesan Hoax Versi WhatsApp dan Cara Mengatasinya

Menurut pihak WhatsApp, pengguna bisa mengidetifikasi sendiri dan menangani sendiri pesan-pesan seperti spam, hoax atau pun phising.

Ini Dia Ciri-ciri Pesan Hoax Versi WhatsApp dan Cara Mengatasinya
Istimewa
Ilustrasi Info HOAX 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sebagian besar dari pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp pasti pernah mendapat pesan yang ternyata pesan tersebut adalah hoax.

Seperti salah satunya adalah pesan yang berisi anjuran untuk kembali mengirimkan pesan yang diterima ke sepuluh orang lainnya diikuti dengan kemungkinan-kemungkinan jika anjuran itu tidak dilakukan.

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, Faq.WhatsApp.com, pihak penyedia pesan instan populer ini mengku secara giat berupaya mengurangi pesan-pesan spam yang datang memalui sistem mereka.

Menurut pihak WhatsApp, pengguna bisa mengidetifikasi sendiri dan menangani sendiri pesan-pesan seperti spam, hoax atau pun phising.

Dimana ketiga jenis pesan tersebut bisa dikatakan dikategorikan sebagai pesan yang tidak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah dan mecoba untuk mendorong pengguna untuk melakukan tindakan tertentu.

Berikut ciri-ciri pesan yang mungkin merupakan pesan yang palsu.

- Pengirim pesan mengaku berafiliasi dengan WhatsApp.
- Pesan berisi instruksi yang meminta pengguna untuk meneruskan pesan.
- Pesan mengklaim bahwa pengguna dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika pengguna meneruskan pesan tersebut.
- Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.

Jika pengguna menemukan pesan sesuai kriteria di atas pihak WhatsApp merekomendasikan penggunanya untuk memblokir pengirim pesan, mengabaikan isi pesan atau menghapusnya.

Untuk melindungi kontak-kontak pengguna dari potensi bahaya, WhatsApp menghimbau kepada para pengguna untuk jangan pernah meneruskan pesan-pesan tersebut kepada yang lainnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help