TribunBogor/
Home »

Metro

Pameran Foto PFI Bogor, Seni Fotografi Dalam Sudut Pandang Kepolisian

AKP Rizky yang hadir di pameran foto PFI di Botani Square, Kota Bogor menjelaskan polisi memiliki cara dalam pengambilan gambar

Pameran Foto PFI Bogor, Seni Fotografi Dalam Sudut Pandang Kepolisian
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pameran PFI di Botani Square, Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Seni fotografi juga sering kali dimanfaatkan sebagai alat dokumentasi oleh berbagai instantansi, termasuk kepolisian.

Bukan hanya menangkap penjahat dan mengungkap kasus, Kanit Regident Polresta Bogor Kota AKP Rizky menuturkan, malah memiiliki cara tersendiri dalam setiap pengambilan gambar.

AKP Rizky yang hadir di pameran foto Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Botani Square, Kota Bogor menjelaskan polisi memiliki cara dalam pengambilan gambar untuk kebutuhan dokumentasi maupun informatif dan edukatif.

Menurutnya ada dua kondisi pengambilan gambar yang diabadikan oleh pihak kepolisian.

Pertama adalah dalam kondisi Prefentif dan yang kedua adalab represif.

"Prefentif itu seperti foto penyuluhan kepada masyarakat, menciptakan kemanan di masyarakat, dan Prefesif itu seeperti foto saat anak sedang tauran seperiti itu atau tertangkap ketika tauran, jadi dengan foto itu kita bisa memberikan informasi apa yang salah dan apa yang tidak boleh dilakukan, dan kita juga berusaha agar foto itu bisa menjadi informasi bukan hanya pencitraan," katanya saat menghadiri Pamarean Foto Bogor Dalam Bingkai 3 Oleh PFI Bogor di Mall Botani Square.

Sementara itu Ketua PFI Bogor Tjahyadi Hermawan menuturkan bahwa dalam pengambilan gambar ada beberapa hal yang bisa diikuti.

Bukannhanya itu Tjahyadi juga menuturkan organisasi PFI memiliki beberapa etika dalam pengambilan gambar ataupun menyajikan gambar.

"Seperti etika tidak boleh menampilkan gambar sadisme ataupun kekerasan, jadi disortir, dan untuk pengambilan gambar biasanya penentuan lensa, pemilihan angle dan setingan kamera menjadi faktor penentu dari sebuah hasil karya," ujarnya.

Sekedar informasi, hari ini merupakannhari terakhir pameran Bogor Dalam Bingkai 3.

Pada hari terakhir ini akan ada diskusi santai yang dibawakan oleh dua pembicara yaitu Dadang Trimulyanto (Bloomberg news), dengan tema 'Travel Fotografi dan Robinsar Opak (divisi hukum dan advokasi PFI), dengan tema 'Maraknya Pencurian Foto di Media Sosial dan Butanya Fotografer pada UU Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)'

Kegiatan ini didukung oleh PT Astra, Mal Botani Square, Grand Savero Hotel, Santika Hotel, Surabi dan Cendol De Keraton, Jawara Roti, DK Frame, Danone, Coca Cola, dan Indocement.

Selain itu kegiatan ini juga didukung oleh TribunnewsBogor.com sebagai media partner.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help