Bulan Desember Paling Gelap di Moskwa, Matahari Hanya 6 menit Terbit dalam Sebulan

Tahun lalu, Moskwa mengalami bulan Desember paling gelap dengan hanya menikmati enam menit sinar matahari di sepanjang bulan

Bulan Desember Paling Gelap di Moskwa, Matahari Hanya 6 menit Terbit dalam Sebulan
Kompas.com/AFP
Lapangan Merah, Moskwa.(AFP) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Musim dingin di Rusia sudah dikenal sebagai salah satu yang terburuk di dunia. Selain suhu yang amat dingin, kegelapan menyelimuti hampir sepanjang hari.

Tahun lalu, Moskwa mengalami bulan Desember paling gelap dengan hanya menikmati enam menit sinar matahari di sepanjang bulan kedua belas tersebut.

Di tahun-tahun sebelumnya, setidaknya Moskwa menikmati satu jam sinar matahari di bulan pengujung itu. Namun, durasi matahari bersinar menurun drastis tahun lalu.

Stasiun meteorologi di Universitas Moskwa melaporkan, sepanjang Desember itu, matahari hanya bersinar selama 6-7 menit. Demikian dikabarkan kantor berita TASS.

Sebelumnya, Desember tergelap di Moskwa tercatat pada 2000 ketika matahari bersinar hanya tiga jam selama 30 hari.

Menurut Roman Vilfand, kepala Pusat Meteorologi Rusia, meski demikian secara umum cuaca Moskwa sepanjang Desember cukup baik karena masih "lebih panas" dibanding suhu rata-rata di berbagai lokasi.

Misalnya suhu di kawasan kaya berlian Yakutia, pada Selasa (16/1/2018) anjlok hingga -67 derajat Celcius.

Di kawasan yang berjarak sekitar 5.300 kilometer sebelah timur Mokswa itu suhu rata-rata adalah -40 derajat Celcius. Dalam suhu itu, anak-anak setempat masih berangkat ke sekolah.

Di desa Omyakon, stasiun televisi pemerintah memperlihatkan, air raksa di dalam termometer sudah berada di titik paling dasar yang hanya dirancang mengukur suhu hingga -50 derajat Celcius.

Suhu di desa terdingin di dunia ini memang amat menusuk tulang, bahkan termometer elektronik terbaru pun pecah setelah mencatat suhu -62 derajat Celcius.

Sumber berita klik disini : Sepanjang Desember, Matahari Hanya Bersinar 6 Menit di Moskwa

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help