TribunBogor/
Home »

Metro

Peneliti IPB Ungkap Peranan Lebah Trigona Laeviceps Dalam Produksi Biji Kailan

Bunga kailan bertipe bunga majemuk dan berukuran kecil yang banyak dikunjungi oleh lebah termasuk Trigona laeviceps.

Peneliti IPB Ungkap Peranan Lebah Trigona Laeviceps Dalam Produksi Biji Kailan
Humas
Peneliti IPB Ungkap Peranan Lebah Trigona laeviceps dalam Produksi Biji Kailan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tanaman kailan, salah satu tanaman sayuran daun yang memiliki prospek baik untuk dibudidayakan.

Beberapa permasalahan penting dalam budidaya tanaman kailan adalah pembentukan biji yang relatif rendah serta serangan hama yang dapat mempengaruhi produksi biji.

Bunga kailan dapat melakukan penyerbukan sendiri, tetapi keberhasilan tanaman melalui penyerbukan silang lebih tinggi daripada tanaman melalui penyerbukan sendiri.

Bunga kailan bertipe bunga majemuk dan berukuran kecil yang banyak dikunjungi oleh lebah termasuk Trigona laeviceps.

Trigona laeviceps diketahui merupakan lebah penyerbuk yang efektif dan mampu meningkatkan produksi buah dan biji berbagai tanaman pertanian.

Baca: Farhat Abbas Unggah Foto Bareng Hotman Paris, Netizen : Nah Gini Kan Asyik !

Tiga orang peneliti yang terdiri dari Tri Atmowidi dan Anggreny Pramitha Wulandari dari Program Studi Biosains Hewan, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Sih Kahono dari Laboratorium Ekologi, Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI melakukan riset untuk mempelajari aktivitas kunjungan dan peranan lebah T. laeviceps dalam penyerbukan tanaman kailan.

"Lebah memiliki peranan yang penting dalam penyerbukan tanaman, terutama lebah sosial yang mengumpulkan nektar dan polen. Lebah sosial dikenal sebagai agen penyerbuk potensial yang dapat meningkatkan produksi pertanian. Stingless bees  merupakan lebah sosial yang tidak memiliki sengat. Lebah T. laeviceps merupakan salah satu spesies dari stingless bees yang berperan penting dalam penyerbukan tanaman di daerah tropik," ujar Tri Atmowidi.

Dalam percobaannya peneliti menggunakan tiga perlakuan, yaitu pertanaman kailan dikurung dan diberi satu koloni T. laeviceps, pertanaman terbuka yang diberi satu koloni T. laeviceps  dan pertanaman dikurung tanpa lebah T. laeviceps (kontrol).

Baca: Pakai Switer Berpadu Bot Tinggi, Jennifer Lopez Tampil Tanpa Celana

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help