TribunBogor/
Home »

Bogor

Keharmonisan Jelang Imlek 2018, Kelenteng Di Puncak Selama Ini Dijaga 'Pak Haji'

tidak hanya Ayung saja melainkan juga tokoh Muslim sekitar yang bernama H.Afif (72) dan Ayung biasa memanggilnya 'Pak Haji.'

Keharmonisan Jelang Imlek 2018, Kelenteng Di Puncak Selama Ini Dijaga 'Pak Haji'
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzi
Penjaga klenteng Kwan Im Hudtjouw Bio di Kampung Cipayung, RT 01/03, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogo 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG -- Kelenteng Kwan Im Hudtjouw Bio di Kampung Cipayung, RT 01/03, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor berdiri pada tahun 1965.

Rumah ibadah tersebut terletak di tengah pemukiman padat penduduk.

Untuk memasukinya harus melewat gang kecil sejauh sekitar 100 meter.

Kelenteng tersebut dijaga oleh pria Tionghoa yang bernama Ayung (63) yang merupakan penjaga kesekian kalinya setelah diganti berulang.

Rupanya penjaga kelenteng tersebut tidak hanya Ayung saja melainkan juga tokoh Muslim sekitar yang bernama H.Afif (72) dan Ayung biasa memanggilnya 'Pak Haji.'

Nuansa toleransi umat beragama yang kental pun terasa ketika TribunnewsBogor.com mengunjungi kelenteng tersebut dan disambut oleh mereka berdua yang memakai pakaian agama masing-masing.

"Pak Haji kerja di sini gak apa-apa karena orang lama dari jaman orang yang membangun Kelenteng ini, tetep Pak Haji dirangkul lah, saya pulang ke Tangerang, Pak Haji jaga, Pak Haji gak ada, ya saya, sama-sama lah," ujar Ayung kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (14/2/2018).

Haji Afif yang merupakan warga sekitar ini pun dipercaya karena tidak lepas dari sejarah berdirinya kelenteng tersebut sejak tahun 1965.

Afif mengatakan bahwa bagian pekerjaan sekitar kelenteng ia yang memegangnya sedangkan tentang peribadatan, Ayung sendiri yang bertugas.

Halaman
12
Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help