TribunBogor/
Home »

Bogor

Imlek 2018

Tak Ada Perayaan, Imlek di Klenteng Puncak Bogor Hanya Beribadah

di kelenteng dengan luas sekitar 700 meter persegi tersebut nanti saat hari peringatan Imlek hanya akan digelar ibadah saja.

Tak Ada Perayaan, Imlek di Klenteng Puncak Bogor Hanya Beribadah
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kwan Im Hudtjouw Bio di Jalan Raya Puncak, Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Rumah ibadah umat Konghucu, Kwan Im Hudtjouw Bio di Jalan Raya Puncak, Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor rupanya tidak ada rencana untuk merayakan Imlek.

Meskipun begitu, pantauan TribunnewsBogor.com, Rabu (14/2/2018) di sekitar rumah ibadah tersebut terpampang spanduk ucapan selamat tahun baru untuk orang Tionghoa diikuti hiasan serba merah.

Penjaga kelenteng, Ayung (63), mengatakan bahwa di kelenteng dengan luas sekitar 700 meter persegi tersebut nanti saat hari peringatan Imlek hanya akan digelar ibadah saja.

"Nanti Imlek di sini ya ibadah saja, tidak ada perayaan," ujar Ayung kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (14/2/2018).

Ia menjelaskan bahwa hal itu dikarenakan pihaknya menghormati lingkungan yang mayoritas Islam.

Ayung juga mengaku jika perayaan Imlek di gelar di sana, ditakutkan mengganggu warga sekitar karena selama 53 tahun kelenteng itu berdiri tidak pernah diganggu oleh warga sekitar.

"Karena lingkungan, takut mengganggu warga, Islam di sini mayoritas 95 persen, untuk menghormati lah, di sini udah 53 tahun, warga juga tidak mengganggu jadi buat ibadah doang, jadi kita ngimbangin," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa jamaah yang beribadah di sana juga tidak banyak, dimana jamaah yang beribadah menurutnya rata-rata datang dari Jakarta.

Sementara umat Kong Hu Cu yang tinggal di sekitar kelenteng menurutnya hanya beberapa.

"Ya doanya untuk tahun ini minta keselametan lah doanya mendoakan semua umat berkah selamet gak ada apa-apa," ungkapnya.

Rumah ibadah tersebut terletak tidak jauh dari Cimory dan untuk memasukinya harus melewati gang kecil sejauh sekitar 100 meter serta di pinggir jalan juga terpampang plang yang bertuliskan, "Rumah Ibadah Buddhist Kwan Im Hudjouw Bio Tjipajung Bogor."

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help