TribunBogor/

Puluhan Orang Sembunyi di Truk Pengaduk Semen, Peyelundupan Manusia Berhasil Digagalkan

Sebanyak 22 imigran ketahuan bersembunyi di bagian pengaduk pada truk tersebut saat akan melintasi perbatasan Khatam Milaha.

Puluhan Orang Sembunyi di Truk Pengaduk Semen, Peyelundupan Manusia Berhasil Digagalkan
KOMPAS.COM
Hasil foto sinar-x memperlihatkan orang-orang yang bersembunyi di dalam truk pengaduk semen.(WAM via KHALEEJ TIMES) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Upaya penyelundupan imigran ilegal menggunakan truk pengaduk semen berhasil digagalkan otoritas bea cukai dan petugas perbatasan Uni Emirat Arab (UEA).

Sebanyak 22 imigran ketahuan bersembunyi di bagian pengaduk pada truk tersebut saat akan melintasi perbatasan Khatam Milaha.

Para migran terdeteksi oleh alat pemindai sinar-x yang dapat mendeteksi suhu tubuh.

Baca: Ditantang Lomba Renang Oleh Sandiaga Uno, Menteri Susi Janjikan Hadiah Ini Jika Ia Mampu Dikalahkan

Kepala Badan Bea Cukai Federal, Komisaris Ali bin Subaih Al Kaabi mengatakan, sebelumnya mereka telah memperingatkan departemen bea cukai di daerah akan adanya upaya penyelundupan imigran itu.

"Kami diberitahu akan ada upaya menyelundupkan sejumlah imigran ke dalam negeri," kata direktur perbatasan Khatam Milaha, Mohammed Al Raisi, yang mengungkapkan upaya penyelundupan itu terjadi pada pekan pertama Februari lalu.

Sebuah alat pindai sinar-x dipasang di titik inspeksi yang dengan jelas memperlihatkan 22 imigran, termasuk orang Asia dan wanita Afrika sedang bersembunyi di dalam pengaduk semen.

Baca: Berada di Balik Jeruji Besi, Kicauan Anas Urbaningrum di Twitter Bikin Heboh

Pejabat kepolisian mengatakan kepada Gulf News, mereka sempat terkejut saat melihat hasil pindaian alat sinar-x.

Usai memastikan adanya upaya penyelundupan, petugas perbatasan meminta bantuan kepolisian Kalba. Mereka khawatir orang-orang yang tengah bersembunyi adalah orang berbahaya.

"Pengemudi kemudian kami minta untuk membuka penutup bagian atas mengaduk dan meminta orang-orang yang ada di dalamnya untuk keluar secara teratur," kata petugas.

Setelahnya, para tersangka ditahan kepolisian untuk dimintai keterangan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Kasus ini juga telah diajukan kepada penuntut umum untuk ditindak lanjuti.

"Petugas bea cukai telah menggagalkan upaya penyelundupan manusia itu. Apa yang mereka lakukan dengan bersembunyi dalam alat pengaduk tentu berbahaya. Mereka melakukannya demi menghindari pos pemeriksaan," lanjut petugas.

(Artikel ini sudah ditayangkan Kompas.com dengan judul: Penyelundupan Manusia, 22 Imigran Sembunyi Dalam Truk Pengaduk Semen )

Editor: Damanhuri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help