Mendengarkan Musik Sambil Lakukan Gerakan Berlebihan Ternyata yang Dilarang

Ia mencontohkan, mendengarkan musik yang diiringi karaoke dan menggunakan alat bantu lain seperti mikrofon. Hal itu dikhawatirkan akan memecah.

Mendengarkan Musik Sambil Lakukan Gerakan Berlebihan Ternyata yang Dilarang
shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman mengatakan, mendengarkan musik saat berkendara tidak dilarang.

Meski demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat mengemudikan kendaraan sambil mendengarkan musik.

"Mendengarkan musik yang dilarang itu kalau mendengarkan musik dengan gerakan-gerakan berlebihan, itu yang enggak boleh. Tapi kalau mendengarkan saja tidak masalah," ujar Pujiono kepada Sonora Radio seperti dikutip Kompas.com, Jumat (2/3/2018).

Ia mencontohkan, mendengarkan musik yang diiringi karaoke dan menggunakan alat bantu lain seperti mikrofon. Hal itu dikhawatirkan akan memecah perhatian pengemudi.

Baca: Tak Hanya Merokok, Dengarkan Musik Saat Mengemudi Juga Dapat Hukuman 3 Bulan Penjara

"Yang kedua terpengaruh minuman, mendengarkan musik dan minum (minuman beralkohol) dulu atau dengan obat-obat dulu, itu yang enggak boleh. Kalau dia (mendengarkan musik) wajar-wajar saja, saya rasa tidak masalah," katanya.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, merokok dan mendengarkan musik atau radio saat berkendara tidak boleh dilakukan karena dianggap mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Baca: Polisi : Boleh Kok Berkendara Sambil Dengerin Musik

Saat itu, Budiyanto menilai mendengarkan musik dan radio beserta kegiatan lain, seperti merokok, menggunakan ponsel, dan terpengaruh minuman beralkohol, melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Hal itu tercantum di Pasal 106 Ayat 1 juncto Pasal 283. Budiyanto menyarankan pemutaran radio dan musik dilakukan saat kendaraan dalam posisi berhenti di lokasi yang tidak menganggu sirkulasi lalu lintas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendengarkan Musik dengan Gerakan Berlebihan Saat Berkendara, Itu yang Dilarang"

Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help