Home »

Metro

Begini Konsep Penataan di Kawasan Stasiun Bogor, Taman Topi Jadi Ruang Terbuka Hijau

Dari keterangan Bima, tidak hanya memperluas kawasan stasiun, akan tetapi juga menata ruang publik disekitar lokasi tersebut.

Begini Konsep Penataan di Kawasan Stasiun Bogor, Taman Topi Jadi Ruang Terbuka Hijau
TribunnewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri
Pasancan Calon Wali Kota -Wakil Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan Dedie A Rachim saat berkunjung ke kantor TribunnewsBogor.com. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Aris Prasetyo Febri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Konsep perluasan area Stasiun Besar Kota Bogor telah direncanakan oleh pemerintah kota sejak tahun 2017 silam.

Akan tetapi proses pembangunannya masih belum terlihat hingga Maret 2018 ini.

Salah satu kawasan yang termasuk dalam konsep perluasan area stasiun adalah Lembaga Pemasyarakatan Paledang Kota Bogor.

"Kita sudah setuju, tapi kita dapat informasi gedung baru lapasnya belum dibangun, berarti kan mundur lagi," ujar Gunawan Sutrisnadi, Kepala Lapas Paledang, Senin (12/3/2018).

Berkaitan dengan hal itu, calon walikota Bogor nomor urut tiga, Bima Arya Sugiarto mengatakan konsep perluasan stasiun sudah tersedia.

"Jadi konsep untuk stasiun udah ada tapi masih terpisah, grand desainya lagi dipikirkan," ujar Bima Arya kepada TribunnewsBogor.com.

Dari keterangan Bima, tidak hanya memperluas kawasan stasiun, akan tetapi juga menata ruang publik disekitar lokasi tersebut.

"Disitu Taman Topi jadi ruang terbuka hijau, pasarnya diatur masuk ke dalam, stasiun kembali seusai heritagenya, jalur pejalan kaki dibuat lebar, dan PKL akan dibawa masuk ke dalam pasar," ungkap Bima.

Bima menyatakan, ketika menjabat sebagai walikota Bogor, dia menetapkan sejumlah aturan kepada pengembang yang akan membangun dilokasi itu.

"Pertama harus sejalan dengan grand desain seluruh tata kota Bogor yang pemerintah buat, kedua harus membantu memecahkan persoalan kota, dan ketiga saya meminta jaminan bahwa yang mengisi lapak harus orang Bogor," kata Bima.

Ketika ditanya mengenai mundurnya jadwal pembangunan proyek perluasan stasiun, Bima menjawad dengan menjelaskan kendala yang dihadapinya.

"Dalam prosesnya amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) itu terhambat, dan kalo enggak sesuai syarat yang diajukan ya enggak diijin," ujar Bima.

Penulis: Aris Prasetyo Febri
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help