Bahas Ikan Tuna, FPIK IPB Hadirkan Pakar dari Universitas di Jepang

EMBRIO juga untuk pertama kalinya menggelar kegiatan dalam bentuk Talk Series. Acara ETS akan dilaksanakan setiap bulan.

Bahas Ikan Tuna, FPIK IPB Hadirkan Pakar dari Universitas di Jepang
Humas IPB
Prof Dr. Yoshihiro Ochiai dari Tohoku University, Jepang 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) menggelar The 1st ETS (EMBRIO Talk Series) dengan tema “Tuna Fisheries in Japan: From Farm to Table”.

Acara ini menghadirkan Prof Dr. Yoshihiro Ochiai dari Tohoku University, Jepang.

Acara ETS ini merupakan hasil kolaborasi Enhancing Marine Biodiversity Research in Indonesia (EMBRIO) FPIK-IPB dengan RCoE (Research Center of Excellent) Tuna Fisheries FPIK-IPB dan Departemen Teknologi Hasil Perairan, FPIK-IPB.

Acara digelar di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Kampus IPB Dramaga, Bogor (12/3/2018).

Direktur Embrio, Dr. Mala Nurilmala menyampaikan bahwa untuk kali pertama EMBRIO menghadirkan Prof. Yoshiro Ochiai dari Tohoku University, Jepang.

Ia menyampaikan tujuannya agar mahasiswa pada khususnya dan para peneliti/pemerhati/praktisi perikanan tuna di Indonesia pada umumnya dapat mendengar secara langsung dari narasumber bagaimana perikanan ikan tuna di Jepang.

EMBRIO juga untuk pertama kalinya menggelar kegiatan dalam bentuk Talk Series. Acara ETS akan dilaksanakan setiap bulan.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPIK IPB, Prof. Dr. Joko Santoso ketika membuka acara menyampaikan melalui acara ini diharapkan mahasiswa, para peneliti dan praktisi dapat berdiskusi sepuasnya dengan narasumber yang dihadirkan yakni Prof. Yoshihiro Ochiai, dari Laboratory Marine Biochemistry, Tohoku University yang menyampaikan presentasi terkait Perikanan Tuna di Jepang, mulai dari kegiatan penangkapan dan budidaya hingga menuju meja makan/proses lebih lanjut (from farm to table).

Prof. Yoshihiro telah bekerja menggeluti ikan tuna selama puluhan tahun. Ia menyampaikan bahwa sebagian besar tuna merupakan spesies yang dikonsumsi di Jepang, sebagian besar untuk bahan sashimi.

Prof. Yoshihiro menyampaikan beberapa spesies tuna yang menjadi konsumsi di Jepang diantaranya adalah Atlantic Bluefin Tuna / Pasific Bluefin tuna, big eye tuna, yellowfin tuna, albacore, dan skipjack.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help