Bus dan Truk Dilarang Melintas Paska Longsor, Jalur Puncak Relatif Lebih Lancar

lalu lintas lebih lancar karena para pengendara mulai mengenal jalur alternatif yang lebih cepat menuju ke Cianjur.

Bus dan Truk Dilarang Melintas Paska Longsor, Jalur Puncak Relatif Lebih Lancar
Istimewa
Razia bus di Jalur Puncak, Minggu (7/5/2017) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Setelah penutupan Jalur Puncak di Gunung Mas hingga Ciloto beberapa waktu lalu, kondisi lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak mulai berubah.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan bahwa lalu lintas lebih lancar karena para pengendara mulai mengenal jalur alternatif yang lebih cepat menuju ke Cianjur.

"Pasca ditutup sendiri setelah kami amati, cenderung lalu lintas lebih lancar karena masyarakat sudah mengetahui jalur cepet ke Cianjur adalah jalur lewat Jonggol, jalannya bagus, hanya 86 km 1,5 jam juga sudah nyampe," ungkapnya.

Hasby menjelaskan bahwa waktu tempuh tersebut terhitung lebih cepat dibanding berkendara ke Cianjur melalui Jalur Puncak yang membutuhkan waktu 3 jam lebih.

Selain itu, menurutnya kondisi lancarnya Jalur Puncak juga didukung oleh pelarangan sementara melintasnya kendaraan truk dan bus karena kondisi kawasan longsor.

"Ketika bus dan truk tidak ada lagi yang melintas ke Puncak, kondisinya relatif lebih lancar, banyak penyakitnya adalah bus-bus ini banyak yang mogok di tengah jalan sehingga menghambat arus kendaraan, bus pun bisa menggunakan jalur Sukabumi," katanya.

Ia mengatakan bahwa sampai lebaran nanti, truk dan bus untuk sementara masih dilarang melewati kawasan Puncak bahkan ia juga berpikir alangkah lebih baik jika itu diberlakukan permanen demi keamanan.

"Ya, kalau dari kita sebagai penyelenggara keselamatan, kita merekomendasikannya seperti itu (penutupan permanen khusus bus dan truk), tapi kan segala keputusannya dari Dinas Perhubungan Darat," katanya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help