Merasa Ditipu, 18 Orang Warga Jasinga Bogor Lapor Polisi

Anggi menjelaskan bahwa warga akhirnya melapor ke Polisi pada Rabu (14/3/2018) dan diterima dengan baik oleh pihak Polres Bogor.

Merasa Ditipu, 18 Orang Warga Jasinga Bogor Lapor Polisi
Tribunnews
Ilustrasi penipuan 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JASINGA -- Sebanyak 18 orang warga Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor kebingungan terkait penjualan Sertifikat Hak Milik (SHM) yang telah mereka lakukan.

Mereka merasa ditipu oleh seorang pria berinisial HN yang pernah mendatangi warga Desa Wirajaya pada tahun 2016 lalu.

Saudara HN yang merupakan perantara (biong) dari sebuah perusahaan itu pergi setelah menerima SHM asli beserta Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) asli milik warga namun HN belum memberikan uang sepeser pun kepada warga sampai sekarang.

Direktur Eksekutif Kantor Hukum Sembilan Bintang & Partners menjadi kuasa hukum resmi, R. Anggi Triana Ismail, mengatakan bahwa didalam proses jual beli tersebut ada banyak kejanggalan.

Lanjut dia, seperti penjual dan pembeli tidak pernah dipertemukan serta tidak dilakukan dihadapan pejabat berwenang dan selama dua tahun lamanya penjual tidak pernah menerima uang sepeser pun dari Saudara HN.

"Apa yang dilakukan oleh Saudara HN selaku perantara antara penjual dan pembeli diduga keras telah melakukan perbuatan pidana yaitu penipuan dan penggelapan," terang Anggi.

Anggi menjelaskan bahwa warga akhirnya melapor ke Polisi pada Rabu (14/3/2018) dan diterima dengan baik oleh pihak Polres Bogor.

Menurutnya penipuan dan penggelapan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 378 & 372 KUHP yang masing-masing ancaman pidananya adalah 4 tahun penjara.

"Semoga langkah penyelidik dan atau penyidik bisa berjalan dengan lancar, sehingga para biong yang berniat jahat pada orang-orang tak berdosa berkurang dari pandangan mata masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bogor," katanya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved