Penangkaran Dramaga Bogor Penuh, Puslitbang Jual Rusa Mulai Dari Rp 5 juta

Untuk mengatasi over populasi rusa tersebut, Mariana dan puslitbang mendistribusikannya ke berbagai pihak yang bersedia

Penangkaran Dramaga Bogor Penuh, Puslitbang Jual Rusa Mulai Dari Rp 5 juta
TribunNewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri
Penangkaran rusa di hutan Dramaga 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Aris Prasetyo Febri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT – Pusat penangkaran rusa di hutan Dramaga Bogor telah melebihi kapasitas karena melewati batas populasi rusa yang dapat ditampung.

Peneliti Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Hutan Kota Bogor, Mariana Takandjandji, mengatakan hutan Drama memiliki lahan seluas 48 hektar.

"Tapi kan 10 hektar dipakai oleh cifor, dan yang dipakai untuk penangkaran rusa cuma satu hektar juga tidak sampai," ujar Mariana, Kamis (15/3/2018).

Menurut Mariana, jumlah rusa tidak sebanding dengan luas lahan penangkaran yang ada.

"Jadi kami merasa itu sudah over populasi, ada sekitar 50 ekor lebih yang ada di penangkaran rusa Dramaga," ungkap Mariana.

Untuk mengatasi over populasi rusa tersebut, Mariana dan puslitbang mendistribusikannya ke berbagai pihak yang bersedia melakukan penangkaran.

"Menurut aturan, hasil penangkaran generasi kedua ke atas sudah boleh dipindahtangankan ke orang lain yang memiliki minat untuk melakukan penangkaran terhadap rusa," pungkas Mariana.

Dari keterangan Mariana, puslitbang telah melakukan sosialisasi dan penawaran ke sejumlah perusahaan dan lembaga negara.

"Kami sudah menyebar dan memberikan kepada swasta, pemerintah daerah, dan para peminat yang ingin menangkarkan rusa," kata Mariana.

Halaman
12
Penulis: Aris Prasetyo Febri
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved